​Blusukan ke Pasar Kras dan Para Pelaku UMKM, Dhito Dicurhati Emak-Emak

​Blusukan ke Pasar Kras dan Para Pelaku UMKM, Dhito Dicurhati Emak-Emak Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono saat dicurhati emak-emak pelaku usaha UMKM Desa Karangtalun, Kecamatan Kras. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Acara blusukan Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono yang akrab disapa Dhito ke Pasar Kras, Kabupaten Kediri, Rabu (28/10/2020), disambut antusias oleh emak-emak pedagang pasar. Dhito pun mengajak berbincang-bincang para pedagang itu. Setelah mendengarkan curhatan para pedagang, Dhito menyempatkan membeli beberapa barang yang dijual.

Selesai acara di Pasar Kras, Dhito melanjutkan blusukannya ke pelaku usaha yang tergabung dalam satu wadah UMKM Bunda Kreatif Desa Karang Talun Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.

Di tempat ini pun, Dhito juga mendengarkan keluhan anggota UMKM Bunda Kreatif, salah satunya adalah belum memiliki izin usaha. "Kami ingin usaha kami ini ada izinnya gitu lho Mas Dhito," keluh Yuliatin, Ketua UMKM Bunda Kreatif.

Menanggapi keluhan tersebut, Dhito langsung memanggil timnya untuk mencatat dan akan dibantu menguruskan izinnya. "Semoga tidak sampai 3 hari, sudah selesai," kata Dhito kepada Yuliatin.

Calon Bupati Kediri yang didampingi Ikatan Pemuda Pemudi Karang Talun itu mengatakan bahwa dari data yang diterimanya, sebanyak 60 orang yang tergabung dalam UMKM Bunda Kreatif, baru 3 orang yang mempunyai izin usaha.

"Selalu saya sampaikan, pertama untuk UMKM harus punya izin. Kedua, yang sudah punya izin nanti kita akan memantau perkembangan usahanya dan diberikan pelatihan dengan menyesuaikan potensi dan perkembangan UMKM tersebut," ucap Dhito.

Menurut Dhito, bila kelak ditakdirkan menjadi bupati Kediri, pihaknya akan memberikan pelatihan-pelatihan mulai dari manajemen, produksi, kemasan, dan pemasaran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO