‎Pemkab Bondowoso Gencar Lakukan Sosialisasi Pilkades Serentak

‎Pemkab Bondowoso Gencar Lakukan Sosialisasi Pilkades Serentak Sosialisasi undang-undang terkait Pilkades serentak. (Sugiyanto/BangsaOnline)

BONDOWOSO (BangsaOnline) - Sebagai upaya memberikan informasi dan memantapkan kesiapan terhadap penyelenggara pilkades, pemerintah kabupaten bondowoso melalui bagian pemerintahan, menggelar sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades) di pendopo kecamatan tegalampel.

Sosialisasi ini di ikuti oleh penjabat kepala desa, sekretaris desa, LPMD dan ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang akan melaksanakan pilkades awal juni mendatang pada 176 desa yang tersebar di 23 kecamatan yang berada kabupaten bondowoso.

Wawan Setiawan, SH. MH. Asisten I Mengungkapkan sosialisasi pilkades ini untuk menyamakan persepsi dan memantapkan pemahaman kepada peserta tentang peraturan yang mengatur pelaksanaan pilkades.

“Sosialisasi pilkades ini bertujuan agar peserta memiliki bekal pengetahuan yang memadai sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan pilkades sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, ungkap Wawan, Rabu (4/1)

Hal senada juga di sampaikan oleh camat tegalampel Ifan Ariffandi akan dilaksanakan pada awal juni mendatang dengan teknis dan pengaturan penentuan waktu pemungutan suara akan di tetapkaln lebih lanjut oleh bupati.

Lebih lanjut ifan mengajak para penjabat kepala desa, sekdes dan BPD berkomitment untuk menyelenggarakan pilkades yang demokratis, transparan, jujur, adil, aman dan damai. Masing-masing lembaga terkait dengan penyelenggaraan pilkades harus memiliki kesamaan persepsi dan memahami peraturan yang menjadi landasan dalam melaksanakan tugas sesuai tugas dan fungsinya.

“Antisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan masalah pilkades, khususnya terkait persyaratan administrasi calon kepala desa mseperti legalitas ijazah, status kependudukan, persyaratan pemilih dan pelaksanaan pantarlih serta penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara”, pinta ifan

Dalam kesempatan tersebut ifan juga meminta agar menjaga netralitas semua elemen yang ada di desa, mulai dari penjabat kepala desa dan perangkat desa, BPD dan khususnya panitia pilkades, sehingga proses pilkades bisa berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Yakinkan kepada semua calon kepala desa agar memiliki sikap legowo. Artinya memiliki sikap kasatria siap menang untuk mengemban amanat masyarakatdan siap menerima kekalahan selanjutnya bersedia mendudkung siapapun yang terpilih sebagai kepala desa untuk bersinergi membangun dan memajukan desa”, pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO