Sabtu, 23 Januari 2021 21:40

​BHS Minta Pedagang Pasar Difasilitasi Dana Bantuan UMKM

Minggu, 15 November 2020 00:08 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Mustain
​BHS Minta Pedagang Pasar Difasilitasi Dana Bantuan UMKM
SAPA PEDAGANG: Cabup BHS saat mengunjungi Pasar TSA di Desa Suko, Sukodono, Sabtu (14/11). foto: Mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Cabup Sidoarjo 2020 Bambang Haryo Soekartono (BHS) berharap pemerintah memfasilitasi pedagang pasar tradisional dengan dana bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dia menilai pedagang pasar tradisional bagian dari UMKM yang harus dilindungi dan didorong berkembang oleh pemerintah.

Penegasan itu disampaikan BHS di sela mengunjungi Pasar Taman Suko Asri (TSA) di Desa Suko Kecamatan Sukodono, Sabtu (14/11).

"Bantuan dana UMKM juga harus diberikan ke pedagang pasar. Mereka ini melayani banyak orang dan penggerak ekonomi kerakyatan. Patut untuk diberikan fasilitas tersebut," tandas cabup yang berpasangan dengan Cawabup M Taufiqulbar ini.

Dijelaskan BHS, bantuan dana UMKM harus disiapkan untuk pedagang pasar, karena mereka juga membutuhkannya. Misalnya untuk membayar sewa lapak maupun menambah jumlah barang dagangannya. Karena itu BHS berharap pedagang pasar mendapatkan prioritas mendapatkan bantuan dana UMKM.

"Mereka adalah UMKM-UMKM yang tangguh, yang sudah bertahan puluhan tahun dan tidak boleh mati. Apalagi sudah memberikan kontribusi ekonomi yang luar biasa pada masyarakat Sidoarjo. Kalau saya diamanahi bupati, saya akan prioritaskan pedagang pasar," tegas BHS.

Terkait Pasar Taman Suko Asri yang disambanginya, BHS memberikan apresiasi pada keberadaan pasar yang difasilitasi pengurus Rukun Warga (RW) setempat dan pihak swasta.

"Pasar ini bisa mengurangi kepadatan di pasar-pasar induk, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten. Saat pandemi ini, bisa mencegah terjangkit Corona karena tidak bergerombol," bebernya.

Meski demikian, BHS menyatakan pasar tersebut perlu dilengkapi sejumlah fasilitas agar pedagang dan pengunjung bisa nyaman berbelanja. Misalnya fasilitas toilet yang jumlahnya masih kurang. "Harus ada kamar mandi wanita dan pria," jlentreh mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

BHS menambahkan, pasar juga bisa dilengkapi dengan musala. Saat mengunjungi pasar ini, BHS melihat masih ada lahan kosong, yang kemungkinan bisa dipakai untuk musala. "Pasar ini juga perlu fasilitas perbankan. Misalnya fasilitas ATM juga agar pedagang bisa menabung. Ini perlu difasilitasi ke depannya," tegas alumni ITS Surabaya ini.

Selain bagi-bagi masker, dalam kunjungannya ke Pasar Taman Suko Asri ini, BHS juga menyapa dan berdialog singkat dengan para pedagang dan beberapa pengunjung. "Ya kami berharap kalau pak BHS jadi bupati, selalu memperhatikan para pedagang pasar, terutama yang modalnya kecil," ucap seorang pedagang pracangan. (sta)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...