​Waspada! Akun Facebook Wabup Probolinggo Dihack, Minta Transfer Sana-Sini

​Waspada! Akun Facebook Wabup Probolinggo Dihack, Minta Transfer Sana-Sini Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Akun facebook milik , Timbul Prihanjoko jadi korban ulah hacker. Akibatnya, seorang warga Kecamatan Dringu, Kabupaten jadi korban. Dia sempat mentransfer uang sebesar Rp 100 ribu ke akun abal-abal tersebut.

Wabup , Timbul Prihanjoko saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Ya, akun facebook saya ada yang menduplikasi,” katanya kepada wartawan, Rabu (18/11).

Melihat akunnya diduplikasi orang tak dikenal, orang nomor dua di Kabupaten itu langsung membuat status di akun pribadinya bertuliskan, "Diinformasikan kepada semua, saat ini ada yang menggunakan foto dan data profil saya oleh pihak yang tidak dikenal, mohon agar tidak ditanggapi".

Timbul menjelaskan, dirinya mengetahui jika akun facebook-nya diduplikasi orang tak dikenal, setelah mendapatkan laporan. “Ulah pelaku tak cukup sampai di situ, tapi minta kiriman uang lagi sebesar Rp 2 juta terhadap korban dengan alasan untuk penanganan Covid-19. Untungnya, korban sadar dan tidak langsung mentransfernya,” katanya bercerita.

Tak hanya warga asal Kecamatan Dringu itu yang menjadi korban, namun kalangan birokrasi di lingkungan pemkab juga sempat mendapatkan inbox dari akun abal-abal itu. Untungnya, mereka tidak sampai mentransfer uang yang diminta oleh pelaku. “Bahkan, ada juga yang dari Batam yang sempat telpon saya,” tutur politikus PDIP itu.

Timbul mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya kepada orang yang tak dikenal dengan mengatasnamakan akun facebook-nya. Apalagi sampai meminta sejumlah uang. (prb1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO