​Selalu Siap Siaga Menghadapi Ancaman Bencana

​Selalu Siap Siaga Menghadapi Ancaman Bencana Dandim 0809/Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno dan peserta apel saat berfoto bersama. (kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Apel Siaga dan Gelar Peralatan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi di Wilayah Kabupaten Kediri.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, acara digelar di Lapangan Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Sabtu (21/11/2020).

Apel tersebut dipimpin oleh Dandim 0809/Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, S.E., M.si., (Han). Hadir pula Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos., M.Si., Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, S.Sos., Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr. Bambang Triono Putro, serta unsur TNI dan Polri.

Sementara peserta apel terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, Polhut, Linmas, relawan, ormas, serta pihak terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Dandim 0809/Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno mengatakan, di tengah iklim yang tidak menentu ini, seluruh elemen untuk saling bahu-membahu dalam proses pembangunan dan meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan bencana.

"Kerja sama antara pemerintah dengan berbagai pihak merupakan hal yang sangat penting dalam pengurangan risiko bencana. Kita juga harus terus waspada terhadap bencana alam yang setiap tahun terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, khususnya musibah alam hidrometeorologi, yaitu banjir, tanah longsor, dan puting beliung yang bisa menimbulkan korban jiwa dan harta masyarakat," tegas Dandim 0809/Kediri.

Apel kesiapsiagaan bencana ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan bencana di wilayahnya.

Terakhir, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno berharap agar masyarakat mengerti, memahami, dan berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mengurangi risiko bencana yang akan terjadi.

"Saya berharap kepada seluruh peserta apel gelar untuk, pertama, tingkatkan selalu kewaspadaan terhadap bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu di wilayah kita, kedua, selalu siap siaga bersinergi untuk meminimalisir dampak bencana alam, ketiga, laksanakan pengecekan personel sarana dan prasarana di instansi masing-masing agar selalu siap dioperasionalkan kapan saja, dan keempat, laksanakan tugas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," pesannya. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO