​Cabup Sugiri Sancoko Bersama Direktur PPOT Gelar Panen Raya Perdana Bibit MHS 700

​Cabup Sugiri Sancoko Bersama Direktur PPOT Gelar Panen Raya Perdana Bibit MHS 700 Cabup Sugiri Sancoko saat memanen padi bibit MHS 700.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Ponorogo 01 hadiri di Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Selasa (24/11/20). Sebelum acara , juga digelar doa bersama sebagai perwujudan rasa syukur atas panen padi saat ini.

Dalam keterangannya, Prof Hariadi, Direktur Pusat Pengkajian Organik Terpadu (PPOT) dan juga salah satu peneliti dari Malang, mengatakan bahwa bibit HMS 700 merupakan bibit lokal yang unggul yang memiliki berbagai keunggulan. "Keunggulannya hasil produksi meningkat lebih dari 40 persen, tahan terhadap hama padi, seperti wereng," katanya.

Profesor asal Kota Malang itu juga menerangkan, hasil panen dari bibit HMS 700 di Ponorogo dalam satu hektare bisa mencapai 15 ton. Di daerah lain, seperti di Bantul bisa mencapai 21 ton. Di Bondowoso, dalam satu hektare bisa menghasilkan 14 ton. "Artinya, bibit lokal pun tidak kalah dengan bibit dari luar negeri," terangnya.

Sementara itu, Calon Bupati Ponorogo mengungkapkan, untuk jenis HMS 700 ciptaan Prof Hariadi ini, dalam satu helainya bisa sekitar 700 butir padi. "Andaikan di Ponorogo menggunakan bibit ini, dengan pola tanam yang betul, dengan ketersediaan pupuk dan air yang mencukupi, maka bisa surplus beras," harapnya.

Sugiri menilai hal tersebut sangat luar biasa, sehingga perlu menghadirkan teknologi, serta tentu yang tak kalah penting menurutnya adalah kehadiran pemerintah untuk para petani. (nov/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO