​Winner 2020, Sesi Networking Jadi Program Paling Diminati

​Winner 2020, Sesi Networking Jadi Program Paling Diminati Sesi networking yang difasilitasi jaringan alumni Belanda di Indonesia menjadi program paling diminati di WINNER 2020. foto : istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pada penutupan acara Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020, panitia mengadakan survei singkat kepuasan peserta terhadap acara tersebut. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah ‘Which 2 activities did you enjoy most during WINNER?’, apa saja dua program yang paling anda nikmati selama acara WINNER?.

Survei melalui platform mentimeter.com ini menampilkan hasil sesi Networking WINNER sebagai salah satu acara yang paling banyak diminati peserta selama perhelatan WINNER 2020.

Sebagai informasi, sesi Cooperation dan Networking merupakan salah satu rangkaian acara WINNER yang diselenggarakan di hari ke-2 (25 November 2020). Sesi ini difasilitasi oleh oleh Nuffic Neso Indonesia melalui jaringan alumni Belanda, Holland Alumni Network.

Tujuan diselenggarakanya acara ini di antaranya adalah sebagai wadah diskusi informal sekaligus matchmaking antar alumni Belanda dan beberapa stakeholders untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama Indonesia-Belanda.

Selama program networking dan matchmaking ini, peserta juga diperkenankan untuk mempresentasikan poster seputar inovasi kerja dan temuan penelitian untuk didiskusikan bersama peserta networking lainnya. Panitia menyediakan 30 ruang (breakout room zoom) untuk dipergunakan para peserta WINNER yang ingin melakukan diskusi maupun aktivitas networking lainnya.

Dito Alif Pratama, selaku Alumni Officer Nuffic Neso Indonesia sekaligus penanggung jawab acara sesi networking ini menegaskan bahwasanya program ini sangatlah bermanfaat, tidak hanya untuk membangun jejaring antar sesama alumni Belanda, tetapi juga dengan beberapa pemangku kepentingan yang relevan lainya.

"Beberapa peserta juga mengabari saya bahwa setelah ikuti sesi networking, ada di antara mereka yang berkomitmen bekerja sama mengerjakan suatu project penelitian, di antaranya di bidang kesehatan, tata kelola air, dan ketahanan pangan," ujar Dito dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11/2020).

Sedikitnya 15 alumni Belanda hadir memfasilitasi sesi networking ini. Para alumni yang tergabung dalam jaringan Holland Alumni Network Indonesia menyiapkan 11 ruangan networking.

Setiap ruangan tersebut diberi nama sesuai dengan tujuan (goals_ dari Sustnaibale Development Goals (SDGs) yang menjadi minat dan kajian mereka, diantaranya, Room SDGs 2 : Zero Hunger, SDGs 3 : Good Health and Well-being, Room SDGs 4 : Quality Education, Room SDGs 6 : Clean Water and Sanitation, Room SDGs 7 : Affordable and Clear Energy, Room SDGs 9 : Industry, Innovation, and Infrastructure, Room SDGs 10 : Reduced Inequalities, Room SDGs 13 : Climate Action, Room SDGs 14 : Life Below Water, Room SDGs 16 : Peace, Justice, and Strong Institutions, dan Room SDGs 17 : Partnership for the Goals.

Masing-masing alumni Belanda, tidak hanya memfasilitasi sesi networking di masing-masing ruangan berbeda tersebut, tetapi juga mempresentasikan poster hasil inovasi riset dan aktivitas kerja yang mereka lakukan saat ini. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO