Hari Menanam Pohon, Ratusan Pegiat Lingkungan Lintas Komunitas Hijaukan Alas Simpenan

Hari Menanam Pohon, Ratusan Pegiat Lingkungan Lintas Komunitas Hijaukan Alas Simpenan Para pegiat lingkungan lintas komunitas siap menghijaukan Alas Simpenan. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan pegiat lingkungan dari lintas komunitas pecinta lingkungan yang diinisiasi oleh GNDP (Gerakan Nasional Donor Pohon) dan FPH (Front Pembela Hutan) kembali menghijaukan Buffer Zone Cagar Alam Alas Simpenan di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten , dengan menanam ribuan pohon, Minggu (29/11/2020) pagi.

Ketua Umum GNDP dr. Ari Purnomo Adi menjelaskan bahwa pohon yang ditanam di Alas Simpenan ini selain disediakan oleh GNDP, juga berasal dari para donatur dan pecinta lingkungan yang membawa pohon sendiri.

Menurut dr. Ari, para donatur yang mendonasikan bibit tanaman untuk kegiatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang akan dilaksanakan di Buffer Zone Cagar Alam Alas Simpenan antara lain Edi Padmo, Gunungkidul, Yogyakarta; Napek Prasetya, Solo, Jawa Tengah.

Selanjutnya ada Bima Sudigdo, Sidoarjo, Jawa Timur; Komunitas Oleng Oleng (Heri Deka, Kuncoro Jakti), , Jawa Timur; Pokdarwis Sumber Jembangan (Hery Susanto), , Jawa Timur; Rudy Gondrong (Diyan Anggoro), Sumber Untung, , Jatim; Lek Ziban, Alas Jamban, , Jawa Timur; Laz. Al Azhar, , Jawa Timur; dan para relawan yang langsung membawa bibit dari rumah masing masing.

"Kami mewakili panitia kegiatan sangat mengapresiasi inisiatif, kerelaan, dan semangat dari para donatur dan relawan yang telah dengan riang dan gembira meluangkan waktunya yang sangat berharga untuk berjuang bersama-sama, bahu-membahu, kringeten bareng dalam sebuah Misi Bersama Menghijaukan Alam Semesta," kata dr. Ari Purnomo Adi.

Ditambahkan oleh dr. Ari Purnomo Adi, bahwa kegiatan Rehabilitasi dan Revitalisasi Buffer Zone Cagar Alam Alas Simpenan Manggis ini dilakukan untuk memberi tanaman pengganti dan mengembalikan hutan seperti fungsinya.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO