Minggu, 24 Januari 2021 06:03

Pemdes Buko Demak Hadirkan Kades Sekapuk Gresik untuk Belajar Jadi Desa Miliarder

Minggu, 29 November 2020 17:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Pemdes Buko Demak Hadirkan Kades Sekapuk Gresik untuk Belajar Jadi Desa Miliarder
Kades Sekapuk Abdul Halim saat menjadi narasumber dalam kegiatan yang digelar Pemdes Buko, Demak, Jawa Tengah. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keberhasilan Kepala Desa (Kades) Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Abdul Halim menjadikan Desa Sekapuk sebagai Desa Miliarder, memotivasi desa lain untuk belajar.

Berbagai kalangan dan sejumlah pemerintahan desa di tanah air mulai mengundang Kades Sekapuk, Abdul Halim untuk menjadi narasumber guna berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kiat sukses menjadikan desa miliarder.

Seperti yang dilakukan Perintah Desa (Pemdes) Buko, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak Jawa Tengah, dengan mengundang langsung Abdul Halim untuk menjadi narasumber dalam kegiatan "Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemdes Buko)".

Dalam acara itu, Abdul Halim menyampaikan materi dengan tema "Berbagi Pengalaman dan Motivasi Kesuksesan Desa Sekapuk menjadi Desa Miliarder" di hadapan 50 peserta dari unsur perangkat desa, anggota BPD, dan ketua lembaga yang ada di Desa Buko.

Hadir membuka acara, Camat Wedung Mulyanto, A.P., M.Si. Ia menyampaikan apresiasi terhadap Desa Buko yang selama ini telah menjadi contoh bagi desa-desa di sekitar untuk terus mengembangkan dan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menghadirkan narasumber yang luar biasa, seperti Kades Sekapuk Abdul Halim.

Selama acara berlangsung, peserta antusias menyerap informasi yang disampaikan oleh Kades berjuluk Ki Begawan Setigi.

Menurut Abdul Halim, ada tiga kunci yang dilakukan Pemdes Sekapuk dalam mencapai kesuksesan  hingga menjadi desa miliarder. Yakni komunikasi, tertib administrasi, dan transparansi. Semua itu diuraikan secara mantap, guna memberi contoh nyata bahwa membangun desa sama artinya dengan membangun bangsa. 

"Alhamdulillah, bisa berbagi dengan sesama, pentingnya silaturrahmi di antara kita. Kami sangat bersyukur, banyak desa yang termotivasi untuk menjadi desa miliarder. Lebih bersyukur lagi, desa kami Sekapuk juga menjadi percontohan untuk semuanya, khususnya kebangkitan ekonomi di masa pandemi Covid-19," ungkap Abdul Halim yang dikenal sederhana dan gemar berbagi ilmu ini.

Sementara Slamet Wahono, Kepala Desa Buko mengatakan, setiap desa pasti memiliki potensi. Termasuk Desa Buko juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), sehingga kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud dengan kerja sama dan gotong royong.

Slamaet berharap, semua tokoh masyarakat yang hadir dalam acara ini, bisa mentransfer informasi dan motivasi yang diterima sebagai bahan pemacu dan pemicu bagi masyarakat Desa Buko untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan yang merata di Desa Buko Demak Jawa Tengah. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...