​Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Instruksikan Percepat Pengiriman Bantuan Bagi Warga Terdampak

​Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Instruksikan Percepat Pengiriman Bantuan Bagi Warga Terdampak Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Aktivitas yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang tadi ini mengalami erupsi. Melihat kondisi tersebut, Gubernur Jatim mengambil langkah cepat. Orang nomor satu di Jatim itu langsung memerintahkan BPBD Jatim dan Dinas Sosial untuk mengirimkan bantuan tenaga, peralatan, maupun logistik untuk penanganan warga terdampak erupsi termasuk para pengungsi.

“Bantuan yang diberikan di antaranya mengirimkan dua tenda pengungsian yang dilengkapi dengan light tower sebagai penerangan saat gelap. Termasuk juga pengungsian darurat dan dapur umum sedang kita siapkan,” ungkap Gubernur Khofifah di Airport Juanda, sesaat sebelum melakukan misi dagang ke Palembang, Selasa (1/12/2020) pagi.

Selain tenda dan light tower penerangan dari BPBD Jatim, dirinya juga memerintahkan untuk segera mengirimkan bantuan berupa sembako bagi para pengungsi. Bantuan tersebut terdiri dari 1 ton beras, 500 dus mi instan, dan 200 liter minyak goreng. Lalu tambah gizi 120 paket, serta lauk-pauk 120 paket.

"Posko penguatan dari pemprov menyatu di posko pengungsian yang berada di Lapangan Kamarkajang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," terang Gubernur Khofifah.

Tidak hanya itu saja, dalam rangka penanganan pencegahan di masa pandemi Covid-19, Gubernur Khofifah juga memerintahkan untuk menyertakan bantuan berupa hand sanitizer 20 liter, disinfektan 20 liter, masker 5.000 pcs, mobil rescue 1 unit, dan mobil serbaguna 2 unit.

"Untuk membantu penanganan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim yang akan membawa berbagai peralatan pendukung penanganan bencana juga meluncur ke lokasi," ujarnya.

Instansi terkait, seperti dinas sosial pun diharapkan berperan dalam penanganan dampak erupsi tersebut. Instansi tersebut mengirimkan dukungan peralatan dan bantuan logistik berupa tenda pengungsi 2 unit, famili kit 50 paket, kid ware 50 paket, food ware 50 paket, perlengkapan dapur keluarga 50 paket, paket sandang 50 paket, serta kasur 30 buah.

"Bantuan tersebut kita arahkan langsung ke tempat pengungsian. Tentu semua kita koordinasikan dengan Bupati Lumajang," jelas Gubernur Khofifah.

Tujuannya, sebut Gubernur Khofifah, untuk mendukung penanganan bencana dan mem-backup dapur umum darurat yang didirikan di sekitar tempat pengungsian. Setidaknya terdapat 250 hingga 500 warga terdampak erupsi yang mengungsi.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO