​Unggul 8,54 Persen, Elektabilitas Machfud Arifin Salip Eri Cahyadi

​Unggul 8,54 Persen, Elektabilitas Machfud Arifin Salip Eri Cahyadi Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Siradj saat melayani wawancara dengan wartawan, usai rilis hasil survei Pilwali Surabaya di Hotel Bidakara. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kurang sepekan Pilwali Surabaya 2020 dilaksanakan, elektabilitas Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman (Maju) menyalip Pasangan Eri Cahyadi-Armuji (Erji). Dari sisi elektabilitas, pasangan dengan nomor urut 2 itu unggul 8,54 persen dari pasangan nomor urut 1.

Hal itu berdasarkan hasil rilis survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif ARCI, menilai dari waktu yang tersisa sulit bagi pasangan Erji mengejar ketertinggalan dari Maju.

"Hari H pilwali kurang sepekan lagi, sulit mengejar ketertinggalan tersebut," ujar Baihaki di Hotel Bidakara, Surabaya, Kamis (3/12/2020).

Baihaki melanjutkan, Pasangan Nomor Urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman (Maju) elektabilitasnya ada di angka 49,81 persen. Sementara, Pasangan Nomer Urut 1 Eri Cahyadi dan Armuji (ErJi) elektabilitasnya 41,27 persen. Selisih keduanya 8,54 persen, dan responden yang menjawab tidak tahu ada 8,92 persen.

Dari sisi popularitas, Machfud Arifin juga mengungguli Eri Cahyadi. Secara popularitas, Machfud Arifin mendapatkan 91,51 persen. Sementara Eri Cahyadi 87,25 persen. Sementara terkait calon wakil wali kota, secara popularitas Armuji lebih unggul dari pada Mujiaman. Armuji 85,76 persen, sementara Mujiaman 70,29 persen.

“Dari kemantapan memilih, ada 55,42 persen responden yang sudah menyatakan pilihannya sudah mantap. Sedangkan responden yang masih menyatakan 'mungkin pilihannya berubah' ada 40,31 persen," urai Baihaki.

Baihaki mengatakan, populasi survei ini adalah warga Surabaya yang sudah mempunyai hak pilih, atau sudah menikah saat dilakukan wawancara. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampelnya ada 800 responden dengan margin error kurang lebih 3,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode pengumpulan data pada survei ini adalah responden terpilih yang diwawancarai secara tatap muka, menggunakan kuesioner terstruktur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO