Minggu, 01 Agustus 2021 05:11

Indonesia Digital Conference 2020 akan Dibuka Presiden Jokowi

Sabtu, 12 Desember 2020 21:37 WIB
Editor: Redaksi
Indonesia Digital Conference 2020 akan Dibuka Presiden Jokowi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), direncanakan akan membuka Indonesia Digital Conference (IDC) 2020 bertema Inovasi Beyond Pandemi. Kegiatan yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tersebut akan berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa-Rabu, 15-16 Desember.

Konferensi yang digelar saat pandemi Covid-19 akan berlangsung secara virtual dengan menghadirkan sejumlah narasumber ahli, pelaku bisnis dari berbagai sektor, termasuk sektor media untuk mendiskusikan inovasi dan transformasi digital yang terjadi saat ini dan pengembangannya pascapandemi.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, menjelaskan bahwa situasi yang sulit karena pandemi Covid-19, mempercepat proses digitalisasi dalam hampir semua aspek kehidupan manusia.

“Demi menekan penyebaran virus, misalnya, semua pihak harus memaksimalkan kekuatan teknologi bekerja, sekolah dengan mengelar rapat virtual, event virtual, sekolah virtual, dan sekian hal yang hari ini terlihat menjadi "normal baru" dalam kehidupan saat ini,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/12).

BACA JUGA : 

Berkolaborasi Dengan Para Ahli, AMSI Luncurkan Crisis Center Covid-19

Dipermalukan, Menteri Kesehatan Bakal Mundur atau Bertahan?

Bupati Gus Yani Respons Positif Wartawan dan Keluarga Terpapar Covid Dapat Akses Kesehatan

AMSI akan Luncurkan Crisis Center COVID-19, Bantu Pekerja Media yang Terpapar

Dihimpit kesulitan karena pandemi ini, kalangan pebisnis, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pemerintah menciptakan sejumlah inovasi baru, yang memudahkan kehidupan meski mobilitas serba terbatas.

"Sejumlah inovasi itu haruslah direkam dengan baik oleh media massa, serta dipublikasi kepada orang ramai. Setelah pandemi berakhir pun, sejumlah inovasi itu tetap perlu dilanjutkan, lantaran memudahkan hidup kita," kata Wens yang juga menjabat sebagai Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse (KLY).

Ketua Panitia IDC 2020 Anthony Wonsono menjelaskan bahwa percepatan inovasi dan transformasi digital di tengah pandemi COVID-19, harus memberi manfaat besar bagi seluruh bangsa. Untuk itu, inovasi tersebut harus menciptakan efisiensi, serta ekosistem, dan transformasi digital yang dapat menunjang berbagai kebutuhan.

“Selain itu, inovasi yang ada perlu dipikirkan keberlanjutannya pascapandemi,” ujarnya menambahkan.

IDC AMSI 2020 mendapat dukungan sponsor dari Telkomsel, BNI, BRI, PLN, BTN, Bank Mandiri, Astra, Gojek, Pertamina, dan Astra Honda Motor. “Keynote dalam kegiatan IDC AMSI hari pertama adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir di hari kedua,” ujar Anthony, Direktur Berita Satu Holdings.

Dalam kegiatan ini, terdapat 24 narasumber. Diskusi setiap sesi akan dipandu Maria Y. Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Irfan Djunaidi (Pemimpin Redaksi Republika), Amri Hakim (Chief Content Officer Hukumonline.com), Metta Dharmasaputra (Founder Katadata.co.id), Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com), dan Wahyu Dhyatmika (Pemimpin Redaksi Majalah Tempo).

Selain sekitar 350 pemilik dan pemimpin media dari seluruh Indonesia, acara ini akan dihadiri para direksi BUMN dan sejumlah perusahaan swasta, anggota Dewan Pers, komunitas media massa, dan kalangan masyarakat umum.

Panitia juga mengundang secara khusus kalangan akademisi, dan para mahasiswa berbagai kampus dari sejumlah provinsi.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari komunitas kampus seperti Universitas Mulawarman (Samarinda), Universitas Islam Malang (Malang), Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (Surakarta), FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo-Beragama, Politeknik Negeri Media Kreatif, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tarumanegara (Jakarta), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta), Universitas Negeri Gorontalo (Gorontalo) serta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Aceh).

Publik yang tertarik mengikuti konferensi virtual ini dapat mengisi link berikut ini: brt.st/IDC2020 atau mengikuti melalui live streaming Youtube Asosiasi Media Siber Indonesia. Kegiatan ini terbuka untuk publik luas.

#InovasiBeyondPandemi

#IDC2020

#AMSIDahsyat

Jakarta, Sabtu 12 Desember 2020

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Anthony Wonsono (Ketua Panitia), HP: +62 816 703 155

Ismoko Widjaya, HP: +62 812 9179 0609

Verrianto Madjowa, HP: +62 812 9931 9030

Hesti, HP: +62 878 8883 9543

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected].com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...