​Pemkot Surabaya Siap Gelar Simulasi Tatap Muka bagi Pelajar SD Akhir Desember 2020

​Pemkot Surabaya Siap Gelar Simulasi Tatap Muka bagi Pelajar SD Akhir Desember 2020 Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya saat menggelar simulasi sekolah tatap muka bagi pelajar kelas IX SMP. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - berencana menggelar simulasi sekolah bagi pelajar kelas VI jenjang sekolah dasar (SD). Simulasi ini dilakukan untuk membiasakan pelajar terhadap adaptasi kebiasaan baru sebelum sekolah itu resmi dibuka.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, untuk tahap awal, rencananya simulasi bagi pelajar kelas VI SD ini akan diikuti 25 sekolah yang tersebar di lima wilayah Surabaya, yakni Barat, Pusat, Utara, Selatan, dan Timur.

"Saya inginnya di awal sebelum mereka masuk sekolah sudah ada simulasi. Jadi nanti di akhir-akhir Desember kita adakan simulasi membiasakan anak-anak sekolah," kata Wali Kota Risma di Rumah Dinas Jalan Sedap Malam Surabaya, Senin (14/12/2020).

Sebelumnya, melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar simulasi sekolah bagi pelajar kelas IX SMP. Simulasi yang berlangsung sejak Senin (7/12/2020) lalu, diikuti 14 SMP negeri dan swasta di Surabaya.

"Sudah satu minggu mulai Senin kemarin. Alhamdulillah, kalau anak SMP kemarin tidak ada kendala, kalau SD kan belum," ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia ingin ada simulasi untuk pelajar SD. Ini dilakukan untuk mendapat gambaran secara utuh bagaimana ketika siswa mengikuti proses pembelajaran di sekolah. "Karena kan beda, kalau anak SMP lebih mudah diarahkan. Jadi sebelum masuk sekolah, saya inginnya ada simulasi," terangnya.

Meski demikian, Risma menyatakan, sebelum simulasi sekolah digelar, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan swab kepada para pelajar itu. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka dan meyakinkan para orang tua.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO