​Jelang Libur Panjang, Wali Kota Batu Perluas Area Pasar Malam

​Jelang Libur Panjang, Wali Kota Batu Perluas Area Pasar Malam Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menjelang masa libur panjang, Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mewacanakan akan memperluas area pasar malam. Hal ini dilakukan karena pada akhir tahun di Kota Batu diprediksi akan dibanjiri wisatawan hingga tingkat kunjungan mencapai titik kulminasi. Wisatawan dari berbagai daerah diperkirakan akan berbondong-bondong memadati Kota Batu.

Diprediksi, gelombang kunjungan yang mengalir deras memicu kerumunan massa di sejumlah destinasi wisata ataupun ruang-ruang publik. Hal inilah yang perlu diantisipasi agar ledakan kunjungan tak merembet menjadi petaka penularan Covid-19 secara eksponensial.

Dewanti menggagas amplifikasi area pasar malam yang semula hanya berpusat di sekitaran Alun-Alun Kota Batu. Diperluas lagi hingga ke sepanjang jalan menuju Balai Kota Among Tani Kota Batu. Hal ini untuk memecah gelombang kerumunan sehingga tak menimbulkan potensi penularan Covid-19 dari aktivitas wisata.

“Bahkan nanti alun-alun akan kami pecah. Yakni sepanjang jalan mulai alun-alun sampai Balai Kota Among Tani Batu akan dijadikan pasar malam. Ini agar wisatawan tidak terpusat di alun-alun,” ujarnya.

Dewanti berpendapat, tingginya angka kunjungan di masa libur akhir tahun seperti sebuah keniscayaan, dan hal ini tak bisa dipungkiri. Lonjakan wisatawan berdampak pula pada okupansi penginapan maupun hotel di Kota Batu.

“Yang jelas untuk akhir tahun tak bisa memungkiri akan ada banyak pengunjung ke Kota Batu. Kami izinkan hotel-hotel menggelar acara asal terkontrol, jumlah peserta dan waktu pelaksanaannya,” paparnya.

Menurutnya, event-event pertunjukan yang digelar manajemen hotel, turut membantu memecah kepadatan dalam satu area, semisal di kawasan Alun-Alun Kota Batu. Memang selama ini, kawasan alun-alun selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO