​RS Lapangan Ijen Boulevard Malang Beroperasi; Khofifah Minta Tingkatkan Prokes

​RS Lapangan Ijen Boulevard Malang Beroperasi; Khofifah Minta Tingkatkan Prokes Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat acara peresmian RS Lapangan Ijen Boulevard, Kota Malang, Rabu (16/12). foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Indar Parawansa meresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan Ijen Boulevard di Kota sekaligus mengawali pengoperasiannya. RS tersebut memiliki kapasitas 306 bed dengan beragam fasilitas pendukung. Di antaranya tersedianya CCTV di setiap kamar guna memonitor pasien , jogging track, tempat karaoke, koneksi wi-fi dan cafe yang dibuka selama 24 jam.

RS Lapangan Ijen Boulevard sendiri nantinya memfasilitas pasien di Raya, Blitar, dan sekitarnya.

“Pasien yang dirawat di RS Lapangan Ijen Boulevard adalah yang kategori sedang dan ringan. Diharapkan dengan adanya fasilitas yang membuat nyaman bisa dengan mudah meningkatkan imunitas para pasien sehingga bisa cepat sembuh,” jelas Gubernur Jatim usai meresmikan RS Lapangan Ijen Boulevard, Kota , Rabu (16/12).

Sebenarnya, ujar Gubernur , pembangunan RS Lapangan Ijen Boulevard sempat dihentikan untuk sementara waktu. Alasannya, karena penambahan kasus di Jawa Timur khususnya di telah melandai. Namun karena lonjakan jumlah kasus positif cukup signifikan per November 2020 di Jatim, maka RS tersebut diaktifkan.

"RS Lapangan ini semula direncanakan beroperasi Oktober 2020, kemudian sempat terhenti karena kasus sudah melandai. Akhirnya kami lanjutkan kembali pembangunannya setelah bulan November ada lonjakan kasus," ucapnya.

Oleh sebab itu, melihat adanya lonjakan kasus , Gubernur Jatim mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Masyarakat diimbau untuk menerapkan 3M adalah yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Gubernur juga mewaspadai adanya klaster perkantoran. Dengan adanya klaster tersebut bisa berimbas memunculkan klaster keluarga.

"Kewaspadaan itu yang harus kita jaga. Karena dulu ada klaster pasar, kemudian dikuatkan dengan pasar tangguh. Kini berlanjut kepada klaster perkantoran yang berdampak pada klaster keluarga," ucapnya.

Dengan meningkatnya lonjakan jumlah kasus positif , pihaknya akan lebih gencar melakukan operasi yustisi. Operasi tersebut nantinya akan dibarengi dengan denda dan sanksi yang lebih mengedukasi, agar masyarakat lebih disiplin. Ope4asi yustisi terbukti efektif menurunkan angka penyebaran covid-19.

“Hal semacam ini harus dilakukan, agar masyarakat tetap waspada bahwa penyebaran covid-19 belum berhenti,” tambahnya. (tim) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO