Kecanduan Twitter dan Facebook Bisa Sebabkan Penyakit!

Kecanduan Twitter dan Facebook Bisa Sebabkan Penyakit! Ilustrasi. foto via kapanlagi.com

BangsaOnline - Berhati-hatilah kamu buat yang doyan banget main di media sosial. Kecanduan mengakses Twitter, atau banyak macam media sosial lain ternyata bisa berdampak pada kesehatan lho.

Kecanduan mengakses media sosial dapat menyebabkan sebuah penyakit yang disebut FOMO, Fear of Missing Out. Hal itu terungkap setelah Dr. Ripen Sippy yang merupakan salah seorang psikolog melakukan penelitian kesehatan.

"Tidak adanya media sosial bisa menyebabkan FOMO. Mereka cenderung merasa gelisah jika jauh dari media sosial dalam waktu yang lama" ungkap Dr. Ripen Sippy kepada IANS.

Penyakit ini menyebabkan sebuah ketakutan yang aneh ketika berada di keramaian. Penyakit ini juga membuat penderita merasa terisolasi saat berada dalam suasana gaduh.

"Dalam penyakit FOMO, penderita akan takut kehilangan momen untuk update hal penting. Oleh sebab itu, penderita akan terus sibuk memeriksa ponsel mereka" tambah Sippy.

Psikolog yang berasal dari India tersebut juga mengatakan bahwa penyakit ini juga berdampak pada hubungan dengan keluarga, teman atau bahkan rekan kerja. "Penderita mulai mengacuhkan keluarga mereka dan cenderung sibuk mengirim pesan atau mengakses media sosial lewat aplikasi di ponsel" ujar sang dokter.

Sumber: kapanlagi.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO