​2.325 Personel Polri Siap Jaga Pilkades Sidoarjo Agar Aman dan Sehat

​2.325 Personel Polri Siap Jaga Pilkades Sidoarjo Agar Aman dan Sehat Apel Pergeseran Personel Pengamanan Pilkades Serentak Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.325 personel Polri dari Polresta Sidoarjo, Polres jajaran dan BKO Polda Jatim, Sabtu (19/12/2020) pagi mulai bergeser ke 1.384 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkades Serentak 2020 di 173 desa Kabupaten Sidoarjo.

Kombes Pol. Sumardji pada apel pergeseran personel pengamanan Pilkades serentak 2020 Sidoarjo, di parkir timur GOR Sidoarjo menyampaikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih oleh Polisi.

"Pelaksanaan Pilkades di tengah situasi pandemi Covid-19, personel harus menjaga ditegakannya protokol kesehatan di masyarakat serta para kontestan Pilkades. TPS juga harus memenuhi SOP protokol kesehatan. Wajib ada tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, cairan hand sanitizer, bilik suara khusus, pengaturan jaga jarak, dan tersedianya APD," ujar Kapolres Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Personel keamanan di TPS Juga diminta jangan segan untuk mengingatkan bahkan menindak siapa saja yang melanggar protokol kesehatan. Dengan memperketat disiplin protokol kesehatan di wilayah-wilayah TPS, diharapkan tidak sampai terjadi klaster baru pada Pilkades serentak 2020 di Kabupaten Sidoarjo.

Kombes Pol. Sumardji juga memerintahkan personelnya untuk bekerja ekstra mengawasi bila ada praktek botoh, perjudian dan permainan uang dalam Pilkades yang terselenggara 20 Desember 2020.

“Satgas Botoh juga personel lainnya bersama perangkat desa dan linmas terus kordinasi dan bekerjasama mengawasi pelanggaran-pelanggaran tersebut. Jangan segan menindak tegas untuk mengamankan para pelanggar,” pesan dia.

Untuk pemetaan wilayah kerawanan pada pilkades kali ini, menurut Kombes Pol. Sumardji sudah mendeteksi sejak dini. Yakni ada 28 desa tingkatnya sangat rawan, 56 desa rawan, kemudian ada 89 desa kurang rawan.

Beberapa hari sebelum Pilkades, Polresta Sidoarjo bersama jajaran juga telah melakukan sambang silaturahmi ke para tokoh agama, tokoh masyarakat, para perangkat desa serta mensosialisasikan berbagai imbauan agar pelaksanaan Pilkades serentak 2020 di wilayah Kabupaten Sidoarjo berlangsung aman, damai, sehat dan kondusif.(cat/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO