​Pembangunan TPA Wonokerto Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat Sekitar

​Pembangunan TPA Wonokerto Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat Sekitar Pembangunan TPA Wonokerto, Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Cita-cita Pemkab Pasuruan untuk membangun TPA Wonokerto di Kecamatan Sukorejo sejak bertahun-tahun akhirnya terwujud juga. Untuk merealisasikan fasilitas yang bakal mengatasi persoalan sampah itu, mengalokasikan anggaran Rp 15 miliar yang bersumber dari DBHCHT.

Agar pelaksanakan mega proyek tersebut bisa terwujud sesuai dengan harapan, maka penggarapan TPA Wonokerto dilakukan oleh tiga perusahaan konstruksi yang sudah berpengalaman di bidangnya, yakni PT Era Mustika Kawan (KSO) yang notebenenya gabungan kerja sama antara PT Era Jaya Wijaya, PT Mustika Berlian Istimewa, serta CV Kawan Konstruksi.

Dalam pelaksana proyek TPA Wonokerto, PT Era Mustika Kawan (KSO) mampu menyelesaikan semua item pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka sebelum batas kontrak berakhir. Kontrak kerja berakhir 18 Desember 2020. Namun pekerjaan telah rampung pada 9 Desember 2020.

"Kami sudah menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan pembangunan TPA Wonokerto sesuai dengan waktu yang ditentukan," kata Estimator PT Era Mustika Kawan (KSO), M. Munandar.

Menurut Munandar, penyelesaian pembangunan TPA Wonokerto bisa on track tersebut tak lepas dari dukungan banyak pihak. PT Era Mustika Kawan sendiri merupakan penggabungan kerja sama antara PT Era Jaya Wijaya, PT Mustika Berlian Istimewa, serta CV Kawan Konstruksi.

Di mana PT Era Jaya Wijaya yang menjadi lead firm, memiliki segudang pengalaman dalam pekerjaan konstruksi. Sebut saja pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah Kabupaten Indragiri Hilir senilai Rp 32 miliar pada tahun 2019 atau Penataan Kawasan Kebun Raya Baturadem Kabupaten Banyumas senilai Rp 16 miliar pada 2018 lalu. Dua mega proyek itu dikerjakan oleh PT Era Jaya Wijaya.

Sementara proyek TPA Wonokerto memiliki 18 item pekerjaan. Selain pembangunan gapura pintu masuk TPA, ada pula pekerjaan drainase, jembatan, pos jaga, peningkatan jalan ke operasional TPA, pembangunan jembatan timbang, TPT, dan beberapa pekerjaan lainnya.

Banyaknya item pekerjaan itulah, sehingga pembangunan TPA Wonokerto dilakukan dengan sistem Kerja Sama Operasional (KSO).

Lihat juga video 'TPA di Desa Kenep Pasuruan Terbakar, Diduga Gara gara Puntung Rokok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO