Lomba Baca Kitab Kuning PKS Jatim, Santri Asal Malang Rebut Juara 1

Lomba Baca Kitab Kuning PKS Jatim, Santri Asal Malang Rebut Juara 1 Para Juara Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) IV yang digelar secara daring oleh anggota Fraksi PKS Jatim bersama dengan DPW PKS Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Achmad Jauhar Nahari, Santri Pondok Pesantren Roudlotul Maghfiroh Poncokusumo, Kabupaten Malang berhasil menjadi juara pertama Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) IV yang digelar anggota DPRD Provinsi Jatim dari PKS bersama dengan DPW PKS Jatim pada Ahad (20/12/20) lalu.

Acara yang berlangsung sejak pukul 07.30 WB hingga 19.30 WIB tersebut digelar secara daring dari kompleks Museum Nahdlatul Ulama' (Museum NU) Jalan Gayungsari Barat, Surabaya.

Bertindak selaku dewan juri KH. Amanullah dan KH. Fuad Amin. Keduanya adalah Juri Musabaqah Qira'atul Kutub (MQK) Bersertifikat dari Kementerian Agama Jawa Timur.

Muhammad Aziz, Ketua Bidang Pembangunan Keummatan dan Dakwah DPW PKS Jatim, menyampaikan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning IV ini diikuti 33 peserta yang merupakan pemenang dari LBKK di tingkat Dapil.

"Ada sebelas Dapil. Masing-masing Dapil diambil Juara I, II, dan III untuk kembali dilombakan di tingkat provinsi. Alhamdulillah meski pandemi dan dilakukan secara online, antusiasme peserta tinggi. Tercatat total peserta di tingkat dapil sejumlah 242 orang yang berasal dari berbagai pondok pesantren seluruh Jawa Timur," ujar Aziz, Selasa (22/12/20).

Sedangkan Ketua Fraksi Keadilan Bintang Nurani DPRD Provinsi Jawa Timur dari PKS, Dwi Hari Cahyono menyampaikan bahwa tujuan LBKK ini adalah pertama untuk menumbuhkan kecintaan kepada para ulama', kiai, dan habaib karena mereka berjasa dalam menerangi jalan ummat untuk memahami ajaran Islam. 

"Ini menunjukkan kecintaan PKS terhadap para ulama' dan kesungguhan dalam menjaga khazanah warisan keilmuan Islam yang diajarkan di pondok-pondok pesantren," ujar Dwi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO