Kamis, 15 April 2021 21:27

Hal Berikut yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Jam Dinding

Rabu, 23 Desember 2020 19:19 WIB
Editor: Redaksi
Hal Berikut yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Jam Dinding
sumber: nguyenmocdecor.com

BANGSAONLINE.com - Saat Anda memasuki rumah baru, tentunya perasaan yang pertama kali muncul adalah perasaan senang. Apalagi, jika Anda sudah menghabiskan waktu yang sangat lama untuk menabung agar dapat membeli rumah yang layak ditinggali untuk keluarga.

Tentunya, Anda jadi lebih sibuk dalam membeli berbagai macam perabotan untuk mendekorasi rumah. Salah satu aksesoris yang tidak boleh terlewatkan adalah jam dinding. Sejak zaman dahulu, jam dinding memang merupakan salah satu aksesoris yang wajib ada di dalam rumah. Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam model jam dinding dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam. Jika mau, Anda bahkan bisa memesan jam dinding custom dengan foto Anda bersama keluarga di dalamnya.

Mengapa kehadiran jam dinding menjadi sedemikian penting? Simak ulasan manfaat jam dinding beserta tips memilih jam dinding terbaik untuk hiasan rumah Anda berikut ini.

1. Sebagai Penunjuk Waktu

BACA JUGA : 

PPBI Surabaya Gelar Bursa Bonsai, dari Harga Rp 3 Juta Sampai Rp 60 Juta

​Demand Body Treatment Meningkat, Miracle Hadirkan Program MBAC

​Instruktur Seks Pamer Kemesraan dengan Suami, Pasang Banderol Rp 550 Ribu untuk Konsultasi Online

​Pesta Seks akan Digelar akhir Pekan Ini, Tamu Wajib Ikuti Tes Swab

Manfaat utama dari jam dinding sudah pasti berfungsi sebagai penunjuk waktu. Tanpa adanya jam dinding, Anda akan mengalami kesulitan dalam membaca waktu. Memang, saat ini, Anda dapat mengetahui waktu lewat jam digital pada smartphone atau pada smartwatch. Namun, melirik jam yang terpasang di dinding tentunya akan terasa jauh lebih praktis. Anda tidak harus mencari perangkat smartwatch yang tergeletak entah di mana untuk mengetahui waktu yang tepat. Anda juga dapat menghemat waktu tanpa harus berkutat dengan smartphone dan membuka password yang terpasang.

2. Mempermudah Anda Dalam Mengingat Jam Pertemuan

Bagi Anda yang memiliki kesibukan cukup padat, waktu adalah hal yang sangat berharga. Sehingga, sebisa mungkin Anda merencanakan aktivitas sehari-hari setelah bangun pagi. Saat Anda berada di rumah, tentu akan sulit untuk sedikit-sedikit mengecek jam tangan atau smartphone. Dengan adanya jam tangan, Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengingat pekerjaan yang harus dilakukan pada saat itu. Anda juga jadi lebih mudah dalam mengestimasi berapa lama pekerjaan tersebut akan dilakukan hingga selesai.

3. Sebagai Pengingat Waktu untuk Beribadah

Sebagai umat beragama, Anda tentunya diwajibkan untuk taat beribadah. Namun, tak jarang Anda alpa dan melupakan waktu untuk beribadah karena kesibukan yang padat. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan kehadiran jam dinding. Dengan memasang jam dinding di ruang keluarga dan di ruang tidur, Anda akan menjadi semakin sadar dengan waktu yang berjalan dan dapat beribadah tepat waktu. Kemungkinan Anda menunda-nunda ibadah pun akan berkurang.

4. Menjadi Dekorasi Rumah yang Indah

Sebuah ruangan tentunya kurang lengkap tanpa kehadiran jam dinding. Dinding rumah Anda pun pasti akan terlihat sepi tanpa kehadiran pajangan jam ini. Saat ini, ada banyak sekali bentuk dan model jam dinding yang dapat Anda pilih. Bagi Anda yang memiliki tipe rumah minimalis, sentuhan jam dinding dengan warna monokrom atau jam dinding dengan model rumah berdekorasi akan mempermanis ruangan. Anda juga bisa menambahkan jam dinding dengan model vintage untuk memberikan sentuhan antik pada ruangan rumah Anda. Pastikan untuk menyesuaikan model jam dinding tersebut dengan tema dari ruangan rumah Anda.

Lakukan ini Saat Memilih Jam Dinding untuk Dekorasi Rumah

Sekarang, Anda sudah mengetahui berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan memasang jam dinding. Walaupun terlihat sepele, memilih jam dinding ternyata tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menemukan produk jam dinding terbaik untuk dekorasi rumah.

1. Tentukan Tempat untuk Meletakkan Jam Dinding

Salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan saat memilih jam dinding adalah menentukan tempatnya. Di manakah Anda ingin meletakkan jam dinding tersebut? Ruang tamu atau ruang keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau, Anda juga bisa meletakkan jam tersebut di kamar tidur. Letakkan jam dinding tersebut di lokasi yang mudah dilihat oleh anggota keluarga atau tamu yang berkunjung. Di kamar tidur, letakkan jam dinding tersebut di lokasi yang berseberangan dengan tempat tidur Anda. Sehingga, saat Anda akan tidur atau bangun di keesokan harinya, dapat langsung mengecek jam tanpa harus membuka perangkat smartphone.

2. Pilih Bentuk yang Sesuai dengan Tema Ruangan

Setelah Anda menentukan ruangan yang akan dipasangi oleh jam dinding tersebut, saatnya memilih model jam. Saat Anda berbelanja nantinya, Anda akan menemukan banyak sekali produk jam dinding dengan bentuk yang bervariasi. Anda dapat memilih model jam dinding yang sesuai dengan tema ruangan. Apabila Anda memasang jam dinding tersebut di ruang tamu, memilih jam dinding dengan model yang sederhana namun tetap menarik perhatian dapat menjadi pilihan. Untuk tipe ruangan minimalis, sebaiknya memilih jam dinding dengan desain netral dengan ukuran yang tidak menyesakkan.

Untuk menghiasi dinding ruang makan, model jam tangan dengan bentuk piring dan jarum jam berbentuk sendok garpu akan menonjolkan sisi yang unik. Sedangkan, untuk kamar tidur anak, Anda dapat memilih jenis jam dinding dengan tema lucu sesuai dengan tema kamar si kecil. Anda juga dapat membelikannya model jam dinding yang menampilkan karakter film kartun favoritnya. Dengan demikian, anak Anda pasti akan lebih bersemangat untuk bangun pagi.

3. Pilih Jam Dinding dengan Warna yang Sesuai

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih jam dinding adalah pemilihan warna. Pilihlah jam dinding dengan warna yang kontras dari warna cat dinding. Hal ini tentunya sangatlah penting untuk membuat penampilan rumah Anda terlihat menarik. Cara untuk memilih jam tangan berdasarkan warna adalah dengan melihat warna dasar dari dinding. Apabila dinding memiliki warna gelap, maka pilih warna jam dinding dengan warna cerah atau warna pastel. Sebaliknya, jika warna cat dinding Anda berwarna pastel atau berwarna putih, maka pilihlah jam dinding berwarna gelap.

4. Tentukan Material Jam Dinding

Selain memilih warna dan bentuk, Anda juga perlu memilih jam dinding berdasarkan material. Jam dinding umumnya terbuat dari material plastik, metal, atau aluminium. Selain itu, ada juga beberapa model jam dinding yang menggunakan bahan dari kayu berkesan vintage. Selain itu, Anda juga bisa memberikan sentuhan mewah terhadap ruangan rumah dengan memasang jam tangan yang terbuat dari material stainless steel, perak, atau perunggu. Tentu saja, Anda perlu menyesuaikannya dengan tema keseluruhan dari ruangan tersebut.

Rekomendasi Produk Jam Dinding Terbaik untuk Anda Pilih

Setelah menyimak ulasan tips memilih jam dinding tersebut, tentunya Anda menjadi semakin siap memilih produk jam. Berikut adalah rekomendasi jam dinding terbaik yang bisa Anda pilih untuk menghias dinding rumah:

1. IKEA Stomma

Bagi Anda yang memiliki tipe rumah minimalis, jam dinding IKEA Stomma ini menjadi pilihan yang sempurna. Jam dinding ini mengusung desain yang sederhana dengan warna putih yang sangat cantik. Terbuat dari material polipropilena membuat jam dinding ini terasa ringan dan sangat mudah untuk dibersihkan. Sehingga, jangan heran jika jam berdiameter 20 cm ini sangat awet.

Anda juga tidak perlu khawatir terganggu dengan suara detak jam dari jam dinding ini. Karena, jam dinding dari IKEA ini terbuat dari material mesin quartz yang menghasilkan suara yang sangat halus dan nyaris tidak terdengar. Hal tersebut membuat jam dinding ini ideal untuk diletakkan di kamar tidur. Jam dinding ini menggunakan daya baterai berjenis AA berdaya 1.5 V. Anda dapat membeli produk jam dinding ini dengan kisaran harga 90 ribuan.

2. Nail Your Art Owl

Bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan unik pada dinding ruangan dapat membeli jam dinding ini. Jam dinding ini memiliki motif cabang-cabang kayu berbentuk angka yang sangat cantik. Ditambah lagi, pada bagian tengah-tengah jam dinding terdapat ukiran burung hantu yang semakin menambahkan keunikan dari jam tangan tersebut. Material dari jam dinding ini terbuat dari bahan kayu MDF yang sangat berkualitas.

Keunggulan lainnya dari jam tangan ini adalah spesifikasi mesinnya yang menggunakan sweep movement quartz. Mesin penggerak jam dinding tersebut membuat suara jam dinding ini sangat halus. Jam dinding ini dapat menjadi dekorasi yang sempurna untuk mempercantik ruang keluarga atau ruang tidur Anda. Jam dinding Nail Your Art Owl hadir dengan 2 varian warna, yaitu warna Coklat dan warna Hitam. Jam dinding ini bisa Anda banderol dengan kisaran harga 200 ribu rupiah.

3. Odiaz Jam Dinding

Rekomendasi jam dinding lainnya yang pasti dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih cantik adalah jam Odiaz. Jam dinding ini memiliki bentuk lingkaran klasik. Namun, yang membuatnya berbeda adalah variasi pola yang dimiliki. Jam dinding ini memiliki beberapa variasi motif yang bisa Anda sesuaikan dengan tema ruangan. Beberapa tema tersebut meliputi motif pemandangan alam, balon udara, hingga motif batik.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih motif lukisan pohon yang unik dan jam dinding bermotif corak kayu dengan kesan vintage. Untuk memiliki jam dinding ini, Anda dapat memperolehnya dengan harga yang berkisar antara 60 ribu hingga 70 ribu rupiah. Jam dinding ini menggunakan material medium density fibreboard dengan tipe mesin jam berjenis quiet sweep movement.

4. The Everest Jam Dinding

Saat ini, model jam dinding 3D memang tengah populer. The Everest merupakan jam dinding yang hadir dengan desain 3D yang bervariasi. Jam dinding ini memang memberikan kesan yang berbeda dibandingkan model jam dinding biasa. Keunggulan dari jam dinding ini adalah Anda dapat langsung menempelkan jarum jam beserta dengan angka-angka jam tersebut secara langsung di dinding. Jam dinding Everest ini sudah pasti akan memberikan kesan mewah pada interior rumah Anda.

Untuk menempelkan angka-angka dan jarum jam, jam dinding The Everest ini menggunakan lem adhesive dengan daya rekat yang sangat kuat. Anda tidak akan terganggu dengan suara detak jam dinding ini. Pasalnya, jam dinding ini menggunakan teknologi mesin quartz yang memiliki gerakan halus dan nyaris tanpa suara. Sedangkan, untuk material, jam dinding ini terbuat dari bahan acrylic dan busa. Anda dapat membeli produk jam dinding 3D dari The Everest ini dengan kisaran harga mulai dari 98 ribu rupiah.

Demikianlah ulasan seputar tips, manfaat, dan rekomendasi produk jam dinding untuk rumah Anda. Semoga dengan rangkaian tips di atas dapat membantu Anda menemukan produk jam dinding terbaik untuk mempercantik rumah. Tentunya, rumah yang indah akan membuat penghuni rumah menjadi lebih betah. 

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...