​KKN, Mahasiswa Untag Bikin Wastafel Touchless di Mushalla Al-Mawaddah Sidoarjo

​KKN, Mahasiswa Untag Bikin Wastafel Touchless di Mushalla Al-Mawaddah Sidoarjo Muhammad Rizqi Hidayatulloh dan pengurus Mushallad Al-Mawaddah berfoto dengan latar Wastafel Touchless di Mushalla Al-Mawaddah Sidoarjo. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas 17 Agustus () Surabaya membantu warga dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan mushalla. Ini dilakukan saat mahasiswa tersebut menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara individu di Desa Kalanganyar Kecamatan .

Salah satu mahasiswa itu adalah Muhammad Rizqi Hidayatulloh yang dibimbing Dr. Pariyanto, M.Ed. Ia mengambil tema tentang edukasi ketaatan protokol kesehatan. Mahasiswa dari kelompok KKN R29 itu membuat inovasi wastafel touchless yang ditempatkan di mushalla Al-Mawaddah.

"Dengan pembuatan alat ini diharapkan dapat memberikan fasilitas masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19," tutur Muahmmad Rizqi Hidayatulloh.

Menurut Muhammad Rizqi Hidayatulloh, untuk menggunakan wastafel ini, warga hanya perlu mendekatkan tangan pada sensor, kemudian air keluar secara otomatis.

“Hal ini agar warga yang hendak mencuci tangan tak khawatir lagi terhadap virus yang mungkin saja masih menempel di kran,” katanya. 

Ia juga membuat running text sebagai penanda waktu salat sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya menampilkan tulisan “Jangan Lupa Pakai Masker”, “Cuci Tangan Sebelum Masuk Mushalla”, “Jaga Jarak”, dan “Bawa Sajadah Dari Rumah”.

KKN ini dilaksanakan selama 12 hari, pada tanggal 8 s/d 19 Desember 2020, dimulai dari perancangan hingga selesai pemasangan alat tersebut.

Ia berharap dengan KKN ini masyarakat, khususnya di daerah Mushalla al-Mawaddah, patuh protokol kesehatan, untuk memutus rantai penularan Covid 19. (tim)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO