​Diduga Melebihi Batas Umur, 3 Perangkat Desa Cengkrong Pasuruan Dilaporkan ke Komisi I

​Diduga Melebihi Batas Umur, 3 Perangkat Desa Cengkrong Pasuruan Dilaporkan ke Komisi I BPD dan Perangkat Desa Cengkrong saat audiensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan perangkat dan BPD Desa Cengkrong, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan ramai-ramai mendatangani kantor DPRD setempat pada Kamis (7/1). Kedatangan mereka ke gedung parlemen tersebut untuk berkonsultasi soal 3 Perangkat Desa Cengkrong yang diduga usianya sudah melebihi batas masa bakti, yakni 60 tahun.

Tiga perangkat Desa Cengkrong yang diduga usianya sudah melebihi masa bakti tersebut yakni Ja’far, Hasan, dan Hudori. "Kedatangan perangkat dan BPD ke Komisi I DPRD ini untuk berkonsultasi berkaitan masa bakti 3 perangkat Desa Cengkrong yang diduga sudah melebihi 60 tahun," jelas Zaki Yamani, salah satu Anggota BPD Desa Cengkrong.

Namun berdasarkan pengecekan KTP yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Pasrepan ke dispendukcapil, ternyata usia tiga perangkat  masih belum 60 tahun. Sehingga sesuai aturan, pihak pemerintah desa tidak diperkenankan mencopot mereka dari jabatannya sebagai perangkat.

Terpisah, Syakur, Kades Cengkrong yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengakui adanya keluhan dari masyarakat terkait dugaan 3 perangkat desanya yang usianya sudah 60 tahun, namun masih tetap berkantor di balai desa.

"Pihak desa tidak bisa mengambil keputusan. Untuk mengindari konflik di masyarakat, kami memilih untuk berkonsultasi dengan DPRD," jelasnya.

Sementara Ketua Komisi I , Dr. Kasiman yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengatakan adanya 3 Perangkat Desa Cengkrong yang usianya diduga lebih dari 60 tahun tidak terbukti. Karena saat dicek KTP-nya di dispendukcapil, umur mereka rata-rata 57 - 58 tahun.

“Kita sarankan kepada pihak kades untuk tidak melakukan kebijakan yang menimbulkan persoalan di masyarakat,” jelasnya. (bib/par/ian)               

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO