Minggu, 28 Februari 2021 01:57

Qodir Siap Maju Jadi Kandidat Ketua di Muscab PKB Gresik

Jumat, 15 Januari 2021 10:38 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Qodir Siap Maju Jadi Kandidat Ketua di Muscab PKB Gresik
Moh. Abdul Qodir.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PKB Kabupaten Gresik yang dijadwalkan pada bulan Maret mendatang, para kader PKB Gresik mulai terang-terangan menyatakan kesiapannya maju sebagai kandidat ketua.

Ketua DPRD Gresik, Moh. Abdul Qodir, salah satunya. Ia menyatakan siap running memperebutkan pucuk pimpinan PKB Gresik yang penentuannya menjadi otoritas penuh DPP.

"Dengan mengucap bismillah, saya siap ikut running pada pemilihan Ketua PKB Gresik pada muscab mendatang," ujar Abdul Qodir kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (15/1/2021).

Menurut Abdul Qodir, jadwal muscab masing-masing cabang baik kabupaten/kota tiga bulan setelah Muswil. "Nah, Muswil DPW PKB Jatim kan 9 Januari, maka muscab PKB Gresik nanti ya bulan Maret," beber Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PKB Gresik ini.

Menurut Abdul Qodir, mekanisme pemilihan ketua DPC PKB dalam muscab saat ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya, ketua dipilih oleh peserta yang memiliki hak suara. Sekarang, ketua DPC PKB yang memilih adalah DPP.

"Jadi, DPP yang memiliki hak mutlak untuk menentukan Ketua PKB Gresik pada muscab mendatang," ungkapnya.

Teknis pemilihannya, lanjut Abdul Qodir, awalnya DPC mengusulkan sejumlah nama calon ketua ke DPW dan DPP. Usulan nama-nama berasal dari penjaringan DPC. 

"Nah, dari sekian nama yang dikirim itu, nantinya DPP yang akan menunjuk salah satunya untuk dikasih mandat menjadi ketua DPC," urainya.

Namun demikian, tambah Abdul Qodir, DPP juga memiliki hak prerogatif untuk memilih nama yang diusulkan DPW. "Misalnya, PKB Gresik mengusulkan nama A, B, dan C. Kemudian, DPW juga mengusulkan nama D, E, dan F. DPP bisa tak memilih nama yang diusulkan DPC, tapi memilih nama yang diusulkan DPW untuk dikasih mandat menjadi Ketua PKB Gresik berdasarkan pertimbangan DPP," beber Abdul Qodir.

Namun, Abdul Qodir memastikan bahwa DPP akan memilih ketua DPC PKB berdasarkan rekam jejaknya. Setelah DPP memilih nama Ketua PKB Gresik, selanjutnya digelar muscab untuk mengesahkan atau mengukuhkan ketua terpilih.

"Jadi, muscab itu sifatnya hanya pengukuhan nama ketua yang telah dipilih DPP," ungkapnya.

Untuk muscab sendiri, tambah Abdul Qodir, tak akan berbeda dengan muswil. Setelah ketua terpilih disahkan, lalu dibentuk tim formatur yang akan bertugas menyusun kepengurusan. Setelah pengurus tersusun, kemudian dilantik dan setelah itu segera menggelar rapat kerja untuk membahas program kerja selama 5 tahun.

"Jadi, saat ini simpel dan dilakukan perampingan dalam proses pemilihan, penyusunan pengurus, pelantikan, hingga raker. Sehari selesai atau saat musyawarah langsung selesai. Sehingga, bisa langsung bekerja untuk menjalankan program," pungkas politikus asal Wringinanom ini. (hud/ns)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 27 Februari 2021 06:11 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perdebatan Dahlan Iskan, wartawan kawakan, dengan Irwan Hidayat, pemilik pabrik jamu Sido Muncul ini menarik. Irwan Hidayat mengaku sukses karena hoki, bukan hasil kerja keras. Tapi Dahlan Iskan menolak, tak percaya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...