Meletus Lagi, Tokoh Mahasiswa Soe Hok Gie Meninggal ​di Gunung Semeru

Meletus Lagi, Tokoh Mahasiswa Soe Hok Gie Meninggal ​di Gunung Semeru Soe Hok Gie. foto: Mapala UI

LUMAJANG,BANGSAONLINE.com - Bupati Thoriqul Haq mengumumkan bahwa Gunung Semeru , Sabtu (16/1/2021). “Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4,5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi guguran awan panas,” tulis Thoriq – panggilan Thoriqul Haq - pada akun Twitter-nya, Sabtu (16/1/2021).

Gunung Semeru terletak di daerah Jawa Timur. Namun secara administratif, gunung ini masuk dalam wilayah dua kabupaten. Yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten , Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

(Awan panas Gunung Semeru. foto: istimewa)

Menurut Wikipedia, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Karena itu banyak sekali pendaki gunung datang ke Gunung Semeru. Bahkan Soe Hok Gie, salah seorang aktivis dan tokoh demonstran Indonesia juga mendaki Gunung Semeru. Sayang, ia meninggal di gunung yang banyak diminati para pendaki itu. Ia meninggal pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun di Gunung Semeru.

(Soe Hok Gie. foto: istimewa)

Dalam catatan Wikipedia, Soe Hok Gie adalah tokoh mahasiswa etnis Tionghoa yang banyak menentang kediktatoran pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto. Dia adalah mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) Jurusan Sejarah tahun 1962-1969.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO