​Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19, PMI Tuban Giatkan Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen

​Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19, PMI Tuban Giatkan Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen Pendonor Plasma Konvalesen di UDD PMI Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban terus menggiatkan sosialisasi donor plasma konvalesen kepada para penyintas Covid-19. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan oleh PMI dengan cara menghubungi langsung pasien yang sembuh dari Covid-19, maupun melalui media sosial.

"Sejauh ini untuk mendapatkan pendonor plasma, kita edukasi pada keluarga pasien yang membutuhkan plasma untuk mencari keluarga, teman, atau tetangganya yang penyintas Covid-19 untuk diajak atau diminta tolong donor plasma. Selanjutnya, kita juga lewat sosmed. InsyaAllah akan dapat banyak karena masih gencar-gencarnya promosi plasma konvalesen," ujar Humas UDD PMI Kabupaten Tuban, Sarju Effendy saat dikonfirmasi, Minggu (17/1).

Ia menjelaskan, sejauh ini yang sudah daftar ada 37 pendonor dan dinyatakan lolos seleksi. Lalu yang sudah diambil sampel ada 18 pendonor. Sedangkan, yang sudah berhasil pengambilan plasma ada 6 pendonor.

Untuk menghubungi para penyintas Covid-19, UDD PMI sudah minta data ke Dinkes, RSUD, RSNU, dan RS Medika Mulia.

"Kita juga sudah coba menghubungi satu per satu untuk yang sekiranya masuk kriteria donor plasma. Untuk kriteria sebenarnya sama dengan konvensional, hanya pendonornya pasien yang pernah terpapar Covid-19 dan tidak berkomorbid," paparnya.

Menurut Sarju, kendala untuk mengajak penyintas Covid-19 agar mau mendonorkan darahnya adalah, mereka enggan datang ke UDD PMI.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO