​Pemkab Pamekasan Siapkan Bansos Sebesar Rp 4 Miliar untuk Kesejahteraan Lansia

​Pemkab Pamekasan Siapkan Bansos Sebesar Rp 4 Miliar untuk Kesejahteraan Lansia Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk membantu warga lanjut usia (lansia). Program perlindungan lanjut usia merupakan bantuan sosial berupa pemberian makanan bergizi yang dikhususkan untuk para lansia.

Melalui anggaran Rp 4 miliar tersebut, sebanyak 400 lansia akan mendapatkan dua kali makanan bergizi dalam sehari. "Bantuan tersebut insya Allah akan kita realisasikan mulai bulan Maret mendatang," kata Bupati Baddrut, Kamis (21/01/2021).

Baddrut menambahkan, lansia yang akan mendapatkan bantuan itu adalah lansia nonproduktif serta masuk dalam kategori kurang mampu (miskin) dan rentan.

"Nantinya para lansia yang hidup sendiri (sebatang kara) akan diusulkan oleh pemerintah desa dan kecamatan untuk mendapatkan bantuan tersebut," kata Baddrut Tamam.

Selain memberikan bantuan makanan, pihaknya juga akan menyiapkan obat-obatan dan pemeriksaan gratis secara berkala untuk meningkatkan kualitas kesehatan para lansia. Namun saat ini pihaknya sedang mengatur konsep dan merampungkan data lansia yang akan menjadi penerima manfaat.

Bupati Baddrut Tamam saat melakukan rapat dengan Dinas Sosial dan OPD terkait untuk merealisasikan program perlindungan lansia di Pamekasan

"Nantinya para lansia yang hidup sebatang kara akan diusulkan oleh pemerintah desa dan kecamatan untuk mendapatkan bantuan tersebut," tambahnya.

Dia memastikan, daftar penerima bantuan itu tepat sasaran lantaran akan disesuaikan dengan nama dan alamat atau by name by address. Ia berharap setelah program itu diresmikan, kebutuhan dasar berupa pangan bagi lansia yang hidup sebatang kara bisa terpenuhi.

"Sehingga, bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan para lansia," pungkas bupati muda penuh inovasi tersebut. (adv/yen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO