​Sumber Air Panas Zaman Belanda Ditemukan di Desa Kepulungan Pasuruan, Kini Jadi Jujukan Wisatawan

​Sumber Air Panas Zaman Belanda Ditemukan di Desa Kepulungan Pasuruan, Kini Jadi Jujukan Wisatawan Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono saat meninjau lokasi sumber air panas, disaksikan Camat Gempol dan BPD Kepulungan. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sumber air panas ditemukan di Dusun Gondang, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Sumber air panas tersebut kini banyak dijadikan jujukan oleh wisatawan.

Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono menjelaskan bahwa sumber air panas ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda, lokasinya berada di timur Makam Mbah Kiai Mustaqim di Dusun Arcopodo, Desa Kepulungan.

Sayangnya, kata dia, sumber itu telah sirna. Sumber itu dahulunya berupa sumur, kemudian mati dan dikeduk lagi, tetapi airnya sudah dingin, tidak panas lagi. Namun karena meyakini bahwa air panas itu masih ada, dia akhirnya mengundang tenaga ahli pengeboran. Alhasil, muncullah air panas tersebut, setelah melakukan pengeboran sedalam 103 meter.

"Dahulu itu berupa sumur, Mas. Lama gak terurus akhirnya mati, dihidupin lagi ternyata airnya sudah dingin. Di situ akhirnya saya punya inisiatif bahwa di sini masih ada sumber air panas itu. Kemudian saya ngundang tenaga ahli pengeboran, akhirnya muncul (air panas)," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com di lokasi, Selasa (26/1/2021).

Sumber air panas itu letaknya sangat strategis dengan jalan raya nasional jalur Surabaya-Malang. Kini, sumber tersebut banyak didatangi pengunjung dari luar daerah seperti warga Sidoarjo, Malang, dan Mojokerto, meskipun fasilitas lokasinya masih acak-acakan. Kepanasan air tersebut mencapai 38-40 derajat celsius, per jamnya bisa menyemburkan air 3.500 liter.

"Ke depan, lokasi ini akan dijadikan destinasi wisata yang sekiranya bisa bermanfaat untuk kepentingan ekonomi pemerintah desa dan warga sekitarnya," pungkas Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono. (afa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO