​Sapi Potong Langka, Paguyuban Pedagang Sapi Luruk DPRD Pasuruan

​Sapi Potong Langka, Paguyuban Pedagang Sapi Luruk DPRD Pasuruan Hearing Komisi II DPRD Pasuruan dengan para pedagang sapi membahas kelangkaan sapi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Belasan jagal yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Sapi se-Pasuruan Raya ramai-ramai mendatangi Gedung DPRD untuk menemui Komisi II Rabu (27/01). Kedatangan para jagal itu untuk menyampaikan keluhan soal langkanya yang berimbas pada naiknya harga jual ke masyarakat.

M. Habibi, Ketua Paguyuban Pedagang Sapi se-Pasuruan Raya menjelaskan bahwa tingginya harga jual daging di Kabupaten Pasuruan lantaran mereka kesulitan mendapatkan sapi potong dari para peternak. "Harga satu ekor sapi berkisar Rp 27-28 juta. Padahal sebelumnya harga per ekor hanya Rp 24 juta," jelasnya.

Ketua Komisi II DPRD H. Joko Cahyono yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan kedatangan paguyuban pedagang sapi itu untuk meminta fasilitasi terkait kelangkaan

"Dari hasil rapat tersebut, Komisi II meminta dinas untuk mengecek data populasi sapi di Kabupaten Pasuruan. Kalau memang surplus, kenapa terjadi kelangkaan," jelas pria asal Prigen ini.

Selain kelangkaan , kata Joko, mereka juga mengeluhkan keberadaan RPH di beberapa kecamatan yang dianggap kurang layak. Bila digunakan untuk kegiatan pemotongan sapi, maka daging yang dihasilkan menjadi tidak higienis.

"Mereka juga meminta pemerintah daerah memberikan fasilitas simpan pinjam untuk kelancaran usaha mereka," tukasnya. (adv/bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO