​Antisipasi Banjir, BPBD Gresik dan Relawan Bersihkan Sungai Keramat Duduksampeyan

​Antisipasi Banjir, BPBD Gresik dan Relawan Bersihkan Sungai Keramat Duduksampeyan Petugas BPBD bersama relawan dibantu warga saat membersihkan Sungai Keramat Duduksampeyan. Foto: ist.

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik bersama relawan dan warga melakukan kerja bakti membersihkan sungai di Desa Keramat Kecamatan Duduksampeyan, Minggu (31/1/2021).

Kegiatan ini sebagai langkah untuk mengantisipasi meluapnya sungai di saat musim penghujan sehingga mengakibatkan banjir.

Kepala Pelaksana , Tarso Sagito menyatakan, kondisi sungai di Desa Keramat saat ini banyak ditumbuhi rumput liar dan tumbuhan air seperti eceng gondok, serta pepohonan. Keberadaan tumbuhan liar itu mengakibatkan aliran air sungai tak lancar.

"Makanya, kami bersihkan biar aliran sungai lancar," ujar Tarso kepada BANGSAONLINE.com, Senin (1/2/2021).

Menurut Tarso, curah hujan di bulan Februari ini diprediksi masih tinggi. Sehingga, sangat potensi membuat debit air di waduk, telaga, dan sungai akan terus naik, bahkan bisa meluap. Untuk mengantisipasinya, keberadaan kantong-kantong air itu harus intens dirawat, dan dibersihkan.

"Sehingga, kantong air baik berupa waduk, telaga, bisa menampung air hujan, dan sungai aliran airnya bisa lancar sehingga tak meluap," terangnya.

Tarso mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada di saat curah hujan masih tinggi. Terutama, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai. "Kami minta masyarakat selalu waspada," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO