​Blitar Diterjang Bencana Banjir, Longsor, dan Puting Beliung Sekaligus

​Blitar Diterjang Bencana Banjir, Longsor, dan Puting Beliung Sekaligus Salah satu kecamatan di Kabupaten Blitar yang terdampak bencana. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan datangnya bencana di Kabupaten Blitar. Dalam sehari pada Rabu (3/2/2021) kemarin, Kabupaten Blitar dihantam tiga bencana sekaligus yang menerjang beberapa kecamatan.

Berdasarkan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, kecamatan yang terdampak bencana yakni Kecamatan Sanankulon tepatnya di Desa Sumberejo yang diterjang angin kencang.

Kemudian, di Kecamatan Kademangan terdampak bencana berupa banjir yang menyebabkan jembatan di Desa Dawuhan roboh hingga memutus akses jalan. Lalu, di Desa Pandanarum dan Desa Bacem di Kecamatan Sutojayan hujan lebat mengakibatkan peningkatan debit air di aliran sungai hingga meluap dan masuk pemukiman warga.

"Selain itu, di Kecamatan Sutojayan juga dilaporkan adanya tanah longsor tepatnya di kawasan Gunung Betet. Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Dilaporkan material longsor berasal dari tebing setinggi 7 meter. Material longsor sempat menutup sebagian badan jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Sutojayan dengan Kecamatan Kademangan. Namun sudah berhasil dibersihkan," ungkap Staf Pusdalops BPBD Kabupaten Blitar Lukman Rubai, Kamis (4/2/2021).

Tak hanya itu, laporan Polsek Bakung di wilayahnya tepatnya di Desa Pulerejo, juga terjadi bencana puting beliung. Puting beliung itu mengakibatkan 8 rumah warga mengalami kerusakan bagian atapnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun warga mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

"Warga secara mandiri melakukan perbaikan dibantu petugas," ujar Kasubbag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO