Imlek 2021, Meski Tak Ada Perayaan, Kota Kediri Tetap Merayakan Keberagaman

Imlek 2021, Meski Tak Ada Perayaan, Kota Kediri Tetap Merayakan Keberagaman Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah duduk) bersama FKUB (Forum Kerukunan antar Umat Beragama). (foto: ist.)

Kediri, BANGSAONLINE.com - Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri mengumumkan tidak melaksanakan peringatan Imlek tahun 2021 untuk menghindari kerumunan pada masa pandemi. Peringatan Imlek di sebagian anggota masyarakat bukan hanya milik umat Konghucu, namun juga diikuti masyakat umum di . Toleransi kerukunan umat beragama di termasuk kategori tinggi, yaitu di angka 3,91.

Berdasarkan data yang ada, survei indeks toleransi keberagaman umat beragama tahun 2019 di menunjukkan kenaikan dari 3,76 (tahun 2018) menjadi 3,91 kategori tinggi. Pembacaan angka indeks tersebut tinggi untuk angka 3,4-4,1 dan sangat tinggi untuk angka 4,2-5,0. Indeks toleransi beragama dengan parameter nilai toleransi 3,82, nilai kesetaraan 4,04 (kategori sangat tinggi), dan nilai kebijakan yang sangat tinggi yaitu 4,03.

Hal tersebut mencerminkan masyarakat memiliki toleransi yang sangat tinggi antar umat beragama. Menurut data BPS , mayoritas penduduk beragaman Islam (91,56%). Sedangkan untuk Kristen 5,71%, Katholik 2,22%, Budha 0,40%, dan selebihnya beragama Hindu, Khonghucu, dan lainnya.

“Keberagaman yang ada di cukup baik dan toleransi antarumat beragama cukup terjaga dan sudah terbukti selama ini bahwa aman dan kondusif,” kata Prajitno Sutikno, FKUB Konghucu, Jumat (12/02)

Seperti diketahui, dalam mengambil setiap kebijakan, terlebih dalam masa pandemi, Wali Abdullah Abu Bakar sering melibatkan tokoh lintas agama di . Mulai dari kebijakan tentang peribadatan sampai pada pernikahan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, selalu berkoordinasi dengan PAUB PK (Persepsi Paguyuban Antar Umat Beragama Penghayat Kepercayaan), FKUB (Forum Kerukunan antar Umat Beragama), dan PaLM (Paguyuban Lintas Masyarakat) .

Wali , Abdullah Abu Bakar pernah menyampaikan, kemajuan pembangunan kota harus dilaksanakan bersama berbagai elemen karena saat ini zamannya kolaborasi.

"Keberagaman merupakan aset yang harus dijaga, sehingga kebersamaan ini harus dirajut bersama-sama. Apabila terdengar isu-isu yang mengarah isu SARA maka harus segera dilaksanakan klarifikasi atau cek kebenaran isu. Apalagi pada era media sosial, informasi yang membanjir dan terkadang tidak terverifikasi. Harapannya, umat beragama tidak mudah terjebak berita hoax yang memecah kerukunan yang sudah terjalin," kata wali kota beberapa waktu lalu. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO