​Tambah Wahana Baru, WWI Kediri Tebar 15 Ribu Benih Ikan Tawes di Kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat

​Tambah Wahana Baru, WWI Kediri Tebar 15 Ribu Benih Ikan Tawes di Kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat Koordinator WWI Regional Kediri Bima Nuryawan (kanan) dan tim saat menebar benih ikan tawes di saluran air kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul, disaksikan oleh Ketua Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul Slamet Sugiarto, dan perwakilan Pokdarwis Jatim Adi Hasto. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, menambah wahana wisata baru guna menunjang keberadaan kampung wisata tenun ikat yang sudah ada sebelumnya.

Bandar Kidul, kini memang sudah dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kelurahan Bandar Kidul yang dilantik oleh Pokdarwis Jawa Timur pada bulan Desember 2020 lalu.

Wahana wisata baru itu adalah menyulap saluran irigasi yang sebelumnya dijadikan tempat membuang sampah di RT 02 RW 07 Kelurahan Bandar Kidul, menjadi saluran yang berisi air mengalir yang dibendung untuk memelihara ikan.

Sebagai upaya untuk lebih memajukan kampung wisata tersebut, Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul menggandeng beberapa komunitas pecinta lingkungan. Seperti masalah benih ikan untuk mengisi kolam atau tepatnya saluran air irigasi, pokdarwis mendapatkan bantuan benih ikan tawes dari (WWI) Regional Kediri sebanyak 15 ribu ekor.

Sebanyak 15 ribu benih ikan tawes, Minggu (14/2/2021) pagi, ditebar di saluran air irigasi yang berada di sepanjang jalan di RT 02/ RW 07 oleh WWI Regional Kediri bersama-sama Pengurus Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul. Kegiatan itu dihadiri juga oleh Adi Hasto dari Pokdarwis Provinsi Jawa Timur serta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri.

Bima Nuryawan, Koordinator Regional Kediri menjelaskan bahwa benih yang ditebar di area Bandar Kidul ini sengaja dipilih ikan lokal jenis tawes (barbonymus gonionotus).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO