Tunda Menstruasi dan ​Hindari Risiko Kanker Payudara, Ini Tips Olahraga Ringan di Rumah

Tunda Menstruasi dan ​Hindari Risiko Kanker Payudara, Ini Tips Olahraga Ringan di Rumah Foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Di masa pandemi ini, sebetulnya tidak ada alasan untuk tak berolahraga. Tetap bugar di rumah dengan cara berolahraga bisa dijalani. Kumalasari (Mala) Kartini, Ketua Bidang Gaya Hidup dan Olahraga Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyampaikan beberapa tipsnya.

"Olahraga di rumah bisa dengan cara bergabung di kelas-kelas daring yoga, senam, atau bisa mengikuti gerakan video tutorial yang sederhana di Youtube," kata Mala dalam keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (21/2/2021).

Mala, yang juga aktif mengikuti marathon dan triathlon hingga ke luar negeri ini menambahkan, olahraga luar ruang bisa dilakukan, misalnya di halaman rumah jika memadai.

"Mengingat perlu mengurangi interaksi dengan orang lain, olahraga bisa dilakukan secara individu. Terapkan protokol kesehatan, sambil menghirup udara segar bisa melakukan jalan atau lari pagi dan sore hari," terang Mala.

Tahapan yang tak boleh dilupakan adalah melakukan pemanasan sebelum olahraga inti dan pendinginan setelah olahraga untuk mengurangi risiko cidera fisik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mala memberikan masukan lagi, andaikata olahraga seperti jalan kaki atau lari sulit dilakukan, "Lakukan gerakan lari di tempat, squat jump, sit up & push up masing-masing 30 detik, lakukan 3 hingga 4 set. Ini pun bisa menjaga kita tetap sehat," tutup Mala.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO