​Pemkot Surabaya Terima Penghargaan dari KLHK di Peringatan HPSN 2021

​Pemkot Surabaya Terima Penghargaan dari KLHK di Peringatan HPSN 2021 Bank sampah warga. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam Acara Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional () Tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah sekaligus Dana Insentif Daerah (DID) Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Puncak Peringatan yang digelar secara virtual itu diikuti oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati, serta kepala daerah dan seluruh stakeholder yang berkaitan dengan penanganan limbah dan sampah.

Dari Ruang Sidang Sekretaris Daerah (Sekda) di Balai Kota Surabaya, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan didampingi oleh jajaran dari dinas terkait mengikuti serangkaian acara dengan saksama. dengan tema "Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi" ini dibuka oleh laporan Dirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya melalui virtual mengatakan, ini dapat menjadi platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Selain itu, ini juga sekaligus sebagai pertunjukan salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

"Yaitu sampah menjadi sumbernya melalui pelaksanaan ekonomi sirkular. Dan sampah menjadi sumber energi alternatif," kata Siti Nurbaya Bakar.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan dan 13 perwakilan daerah lainnya menerima penghargaan dari KLHK secara virtual. Hendro mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar atas penghargaan yang diberikan kepada Kota Surabaya.

"Matur nuwun (terima kasih) penghargaannya Ibu Menteri," kata Hendro di sela-sela menerima penghargaan, Senin (22/2/2021).

Bagi dia, penghargaan ini akan menjadi penyemangat jajaran untuk terus berupaya lebih baik lagi. Terutama dalam hal penanganan dan pengelolaan sampah. "Semoga ini menjadi penyemangat Kota Pahlawan untuk lebih baik lagi," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO