Rabu, 21 April 2021 13:00

Nasdem Bergolak, 26 DPC Tuntut Pencopotan Ketua DPD Nasdem Surabaya

Sabtu, 27 Februari 2021 20:58 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M Didi Rosadi
Nasdem Bergolak, 26 DPC Tuntut Pencopotan Ketua DPD Nasdem Surabaya
Puluhan pengurus DPC NasDem mendatangi kantor DPW menyampaikan surat mosi tidak percaya kepada Ketua DPD NasDem Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para pengurus Partai Nasdem Surabaya di tingkat kecamatan kembali mendatangi kantor DPW Nasdem Jatim. Jika sebelumnya mereka hanya menyampaikan aspirasi, kali ini menyerahkan surat resmi yang berisi mosi tidak percaya kepada Ketua DPD NasDem Surabaya, Robert Simangunsong.

Pada kedatangan kali ini, ada 26 pengurus DPC di tingkat kecamatan yang menyambangi kantor DPW NasDem Jatim. Jumlah ini lebih banyak dari sebelumnya yang hanya berjumlah 18 DPC. Mereka ini kemudian menyerahkan surat tentang mosi tidak percaya kepada kepemimpinan Robert Simangunsong selaku ketua di tingkat kota Surabaya.

"Hari ini sikap kami perkuat dengan pernyataan mosi tidak percaya secara tertulis yang ditandatangani oleh 26 DPC," terang Ketua DPC NasDem Tambaksari, Miftakhul Ulum, di kantor DPW NasDem Jatim, Sabtu (27/2/2021).

Kader GP Ansor Surabaya ini berharap agar pengurus DPW Nasdem Jatim melakukan evaluasi terhadap kepengurusan DPD Nasdem Surabaya. Bahkan bila perlu Ketua DPD NasDem Surabaya dicopot.

BACA JUGA : 

Kunjungi BIN Cigar Jember, ​Wakil Ketua DPR RI Minta Ekonomi Kerakyatan Lebih Digiatkan Lagi

DPW NasDem Jatim Minta DPD dan DPC Saling Menahan Diri

DPD NasDem Surabaya Tolak Mosi Tidak Percaya dan Bantah Tudingan Arogan

​DPW Teruskan Mosi Tidak Percaya 26 DPC NasDem se-Surabaya ke DPP

"Ada beberapa poin yang kami sampaikan di surat mosi tidak percaya. Intinya sulit bekerja sama dengan yang bersangkutan. Di poin terakhir kami minta DPW melakukan evaluasi sampai pencopotan Ketua DPD," tegas pria yang akrab disapa Ulum itu.

Ulum kemudian merinci dari 26 pengurus DPC tingkat kecamatan, 21 di antaranya yakni unsur ketua, sekretaris, dan bendaharanya turut menandatangani surat mosi tidak percaya. "Dan ada lima DPC yang ditandatangani pengurus DPC lainnya. Ketua tidak ikut, sehingga tak ada stempel," bebernya.

Meski demikian hal tersebut menurutnya tak ada persoalan. "Yang penting kebersamaan teman-teman ini dalam rangka cintanya kepada Nasdem. Kita menyatakan mosi tak percaya kepada ketua Nasdem Surabaya dan DPD Nasdem secara kelembagaan," lanjut dia.

Akar persoalan, jelas Ulum, dari adanya pertanyaan tentang dana banpol yang tidak ada transparansinya. Pihaknya menegaskan tidak akan ikut campur penggunaan dana banpol, tapi minta transparansi penggunaannya.

"Minta penjelasan ternyata gaduh. Sehingga saya mencoba menjelaskan banpol itu adalah bantuan keuangan secara politik yang diperoleh untuk partai yang dapatkan kursi di legislatif, dikonversi dengan nilai sehingga menghasilkan sekitar Rp517 juta," kata dia.

Ulum juga menegaskan dalam aksi ini yang diminta bukanlah pertanggung jawaban. Melainkan hanya transparansi saja. "Pertanggungjawaban itu kepada Bakesbang, kami hanya minta transparansi digunakan untuk apa saja," tegas dia

Ulum menjelaskan dana banpol itu 60 persen untuk pendidikan politik, 40 persen untuk sekretariat. "Itu ada perwalinya, ada SK Kemendagri," pungkasnya. (mdr/ns)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...