​PKS Jatim Kampanyekan Gerakan Donor Plasma Konvalesen

​PKS Jatim Kampanyekan Gerakan Donor Plasma Konvalesen PKS Jatim menggelar Screening Donor Plasma Konvalesen, Jumat (5/3/2021), di Kantor DPW PKS Jatim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berumur setahun. Semua pihak diharapkan untuk melakukan sinergi dan kolaborasi melawan Covid-19, termasuk partai politik. Karenanya, PKS Jatim menggelar Screening Donor Plasma Konvalesen, Jumat (5/3/2021), di Kantor DPW PKS Jatim.

Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jawa Timur menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk kepedulian PKS Jatim untuk melawan pandemi Covid-19. Dia menyampaikan bahwa upaya melawan Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan satu unsur, yaitu pemerintah. Unsur-unsur yang lain pun harus juga terlibat dalam upaya memperbaiki kondisi bangsa ini.

Irwan kemudian menyampaikan bahwa setahun lalu, rilis tanggal 15 Maret 2020, ada 9 orang tercatat positif Covid-19 di Jatim. Hari ini, setahun kemudian, ada 131.046 orang yang positif. Dari 131 ribuan di Jatim itu, sekitar 118.075 ribu dinyatakan sembuh, 3.103 orang dirawat. Sebanyak 9.238 yang wafat, 3 di antaranya jajaran pengurus DPW PKS Jatim.

“Sebagai partai politik, PKS merupakan salah satu unsur dalam masyarakat yang harus berperan. Sejak di awal pandemi tahun lalu, kami sudah membentuk tim khusus tanggap bencana Covid-19 yang melibatkan banyak bidang. Agar bisa menangani masyarakat secara menyeluruh,” kata politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu.

Bidang-bidang yang terlibat, imbuh Irwan, mulai Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) yang dikomandani para dokter di dalamnya, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Bidang Hubungan Masyarakat, hingga Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) yang dikhususkan membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di bidang ekonomi, yang ditugaskan menguatkan para UMKM yang terdampak pandemi.

“Jadi dengan dukungan semua bidang itu, support kami kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ini penuh, mulai mitigasi, edukasi, penanganan kesehatan, hingga support di bidang ekonomi. Ini bagian dari darma bakti PKS kepada bangsa dan negara ini agar mampu melawan Covid-19,” imbuhnya

Termasuk kegiatan Screening Donor Plasma Konvalesen ini, Irwan menjelaskan, merupakan salah satu upaya PKS untuk berkontribusi ke masyarakat. Dia menganggap kegiatan ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kita tentu sering mendengar, atau dapat pesan berantai ada keluarga, saudara, atau kenalan yang membutuhkan donor plasma. Di rumah sakit juga demikian, kebutuhan plasma ini sangat semakin hari semakin banyak kebutuhannya. Saya juga dapat kabar, ada anggota PKS dari Trenggalek berburu plasma sampai ke Sidoarjo,” katanya menjelaskan pentingnya plasma ini bagi masyarakat.

Irwan kemudian menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tenaga kesehatan yang rela berjuang, berjibaku melawan virus ini. Dia kemudian juga mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dan kolaborasi melawan Covid-19. Selepas ini, DPW PKS Jatim akan menggelar gerakan vaksinasi. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO