Peduli Lingkungan, Offroader dan Komunitas Trail Tanam 500 pohon di Gunung Klotok

Peduli Lingkungan, Offroader dan Komunitas Trail Tanam 500 pohon di Gunung Klotok Dari kanan ke kiri, Gus Gendeng (perwakilan Komunitas Trail), Suntoko (Perhutani), Ridwan Sahara (perwakilan Off-Roader), Dodi Purwanto (Ketua DPRD Kabupaten Kediri), dan Anggota Offroader lainnya, saat menanam pohon di kawasan Hutan Gunung Klotok, Sabtu (6/3). foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan anggota Offroader dan Komunitas Trail menggelar aksi di kawasan hutan dan aksi bakti sosial bagi sembako, Sabtu (6/3). Aksi tanam yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Dodi Purwanto itu juga melibatkan puluhan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPLH) .

Sebanyak 500 pohon seperti pohon buah duku, matoa, dan mahoni ditanam di petak 137 di mana terdapat jalur off-road yang setiap Sabtu dan Minggu selalu dilewati untuk menyalurkan hobi para offroader.

Ridwan Sahara, perwakilan offroader mengatakan bahwa aksi di kawasan hutan ini adalah bentuk kepedulian para offroader terhadap lingkungan. Menurutnya, para offroader telah berjanji untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, terutama di kawasan .

"Kami tidak ada niat untuk merusak dan apalagi menghancurkan alam. Kami juga peduli lingkungan. Salah satunya, kami buktikan dengan menanam pohon di ini," kata Ridwan Sahara, Sabtu (6/3).

Menurut Ridwan, pihaknya juga bersinergi dan bekerja sama dengan kawan-kawan komunitas pencinta lingkungan yang ada di kota maupun di Kabupaten untuk penanaman pohon.

Senada disampaikan Gus Gendeng, mewakili Komunitas Trail . Menurutnya, alam dan lingkungan harus selalu dijaga oleh siapa pun. "Karena bila tidak dijaga, tentunya alam akan rusak dan bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor seperti yang baru terjadi di Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk," katanya.

Sementara itu, dr. Ari Purnomo Adi, Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh para offroader dan di ini.

"Hari Minggu (28/3) lalu, kami telah digandeng PWI untuk melakukan reboisasi dan revitalisasi sumber air di dalam rangka peringatan HPN tahun 2021. Tentunya aksi tanam kemarin itu pasti ada yang terlewatkan. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan offroader dan yang menyulam dan menanami lahan yang terlewati tersebut," kata dr. Ari.

"Maka dari itu, semakin banyak orang yang peduli salah satunya diwujudkan dengan menanam pohon di , maka mata air yang ada di bisa tetap hidup dan berguna bagi masyarakat sekitar," ujar aktivis lingkungan nyentrik itu. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO