​Diskusi dengan Kepala Sekolah SMP, Wali Kota Eri Bahas Kesejahteraan Guru hingga Penambahan Siswa

​Diskusi dengan Kepala Sekolah SMP, Wali Kota Eri Bahas Kesejahteraan Guru hingga Penambahan Siswa Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan pengarahan dan diskusi kepada seluruh kepala sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta, Rabu (10/3/2021). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang tahun ajaran baru 2021/2022, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan pengarahan dan diskusi kepada seluruh kepala sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta, Rabu (10/3/2021).

Dalam kesempatan itu, ada beberapa poin yang disampaikan Wali Kota Eri kepada puluhan kepala sekolah yang hadir tersebut. Mulai dari kesejahteraan para guru, kualitas pendidikan yang sama baik sekolah negeri maupun swasta, serta perhatian khusus kepada pelajar inklusi.

"Ayo kita sama-sama meningkatkan kemampuan agar kita dicintai oleh wali murid dan murid dan mau bersekolah di tempat Bapak Ibu," kata Eri mengawali acara.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), jumlah per rombongan belajar (rombel) terdiri dari 32 siswa. Namun begitu, Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan ada sekitar 5.135 siswa yang tidak tertampung untuk masuk ke SMP negeri maupun swasta. Selain itu, dia membeberkan ada dua kemungkinan untuk mengatasi persoalan itu. Pertama, dengan mengajukan tambah kelas atau kedua menambah jumlah siswa dalam setiap kelasnya.

"Jangan sampai ada anak yang tidak sekolah. Maka itu menjadi tugas kami di pemerintah kota (pemkot) karena pendidikan untuk kepentingan anak bangsa," lanjutnya.

Berikutnya, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini meminta agar semua sekolah saling berkolaborasi dan menyatu tanpa ada persaingan antarsekolah demi kesejahteraan guru. Dia mencontohkan, ketika guru di sekolah A hanya mengajar selama tiga jam dalam sehari, setelah itu guru tersebut dapat bergeser ke sekolah lain untuk mengajar atau istilahnya sharing (berbagi) guru. Dari situlah gaji yang diperoleh guru pun sesuai dengan UMK.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO