​Wabup Lisdyarita Hadiri Pelatihan Batik Ecoprint bagi Koperasi

​Wabup Lisdyarita Hadiri Pelatihan Batik Ecoprint bagi Koperasi Wabup Lisdyarita saat menghadiri pelatihan batik ecoprint bagi koperasi. (foto: ist)

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan keterampilan batik ecoprint bagi koperasi di Kantor Dekopin, Selasa (23/3/2021).

berharap ecoprint dapat meningkatkan ekonomi bagi koperasi dan masyarakat. Selain itu, batik ecoprint juga bisa menjadi daya tarik wisata baru di Ponorogo.

"Batik ecoprint bisa menambah perekonomian bagi koperasi dan masyarakat jika ditekuni dan dilakukan dengan semangat dalam memproduksi keterampilan rumahan ini. Ecoprint juga bisa jadi daya tarik pariwisata jika dibangun sentra-sentra produksi ecoprint di Ponorogo," katanya saat membuka pelatihan membatik ecoprint.

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alam seperti daun dan bunga. Ecoprint akan menghasilkan batik yang tak kalah kualitasnya dengan batik canting.

"Teknik ecoprint mulai menjadi tren yang terbilang unik dan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan di sekitar kita sebagai sumber pola, juga warna bahan-bahan ini berasal dari bunga, daun, batang, dan bagian tumbuhan yang lain," tuturnya.

Pada pelatihan ini, para peserta akan belajar tentang seluk beluk teknik dasar ecoprint, mengenal daun, bunga, dan bagian tumbuhan apa saja yang bisa mengeluarkan warna, mengomposisikan daun, serta mengetahui logika lipatan kain.

Lisdyarita berharap melalui pelatihan ecoprint ini para peserta bisa mengembangkan keterampilannya. Batik berbahan alam atau ecoprint ini diyakininya bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi bagi koperasi dan masyarakat.

"Semoga peserta bisa menerapkan di masing-masing lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Bentuk kelompok-kelompok untuk mengembangkan batik ecoprint," harapnya.

Dia juga menambahkan, pengembangan batik ecoprint ini tidak akan berhenti pada pelatihan saja. Setelah ini, pihaknya juga akan memberikan pendampingan bagi para peserta agar usaha ecoprint dapat terus tumbuh berkembang dan berkelanjutan. (nov/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO