ARPL Kediri Gelar Tanam Pohon di Alas Simpenan, Tutup Aksi di Akhir Musim Penghujan

ARPL Kediri Gelar Tanam Pohon di Alas Simpenan, Tutup Aksi di Akhir Musim Penghujan Koordinator ARPL Kediri dr. Ari Purnomo Adi (jongkok paling kiri) dan Plt. Kepala DLH Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti (jongkok paling kanan) bersama para relawan usai ikut menanam pohon di kawasan Cagar Alam Alas Simpenan. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para relawan pecinta lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) mengakhiri aksi tanam pohon di penghujung musim hujan ini dengan menanam dan menyulami pohon di Cagar Alam Alas Simpenan di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten , Minggu (28/3/2021).

Ratusan pohon yang berasal dari anggota ARPL seperti dari Komunitas Oleng-Oleng, GNDP, dan para relawan lainnya ditanam di Alas Simpenan sebagai upaya rehabilitasi dan revitalisasi Buffer Zone Cagar Alam Alas Simpenan.

Kegiatan tanam pohon ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Perum Perhutani KPH , Cabang Dinas Kehutanan Trenggalek Wilayah Kerja , Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten , Komunitas Tlatah Bocah Muntilan Magelang Jawa Tengah, dan Relawan Kili-Kili dari Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

Koordinator ARPL dr. Ari Purnomo Adi, menjelaskan bahwa aksi ini sebagai tanda kegiatan di akhir musim penghujan.

"Karena saat ini masih di tengah pandemi, maka para relawan kami imbau tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama cuci tangan dan pakai masker ketika berkegiatan," kata dokter nyentrik itu, Minggu (28/3/2021).

Menurut dr. Ari, setelah aksi tanam pohon diakhiri, maka selanjutnya para relawan yang tergabung dalam ARPL akan fokus untuk merawat pohon yang telah ditanam dan akan melakukan giat bersih-bersih sampah utamanya, sampah yang dibuang sembarangan di sungai.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Putut Agung Subekti sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh para relawan dengan aksi tanam pohon di Alas Simpenan tersebut.

"Dinas lingkungan hidup akan mendukung kegiatan yang tujuannya untuk melestarikan alam ini. Sepanjang kegiatan dilakukan di wilayah Kabupaten , kami akan berusaha men-support," kata Putut Agung Subekti usai ikut menanam pohon di area Alas Simpenan. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO