​Gubernur Khofifah Berharap Gedung Latkop UKM Jatim Jadi Center of Excellence Koperasi dan UMKM

​Gubernur Khofifah Berharap Gedung Latkop UKM Jatim Jadi Center of Excellence Koperasi dan UMKM Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Gedung UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Jatim (Latkop UKM), yang terletak di Perum Bulan Terang Utama, Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (30/3/2021). Foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com – Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa meresmikan Gedung UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Jatim (), yang terletak di Perum Bulan Terang Utama, Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota , Selasa (30/3/2021).

Gedung tersebut dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan 4 lantai. Peruntukannya pada lantai 1 untuk ruang pelayanan publik, lantai 2 untuk perkantoran, lantai 3 untuk aula mini dan kelas, lantai 4 untuk olahraga dan rooftop. Latkop UKM Jatim ini juga dilengkapi fasilitas perpustaskaan, e-library, dan podcast.

Turut menghadiri peresmian tersebut, Wali Kota Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Forkopimda Kota , dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Gubernur Jatim yang akrab disapa ini mengharapkan keberadaan Jatim bisa menjadi center of excellence bagi pelaku koperasi dan . Sehingga, bisa memberikan penguatan manajerial skill bagi para pelaku UMKM, khususnya yang berada di wilayah dan Jatim pada umumnya. Misalnya, di sisi pengemasan atau packaging, desain grafis, digitalisasi, hingga pengolahan yang higienis serta jejaring pemasaran.

“Kekuatan UMKM di Jatim tahun 2019 kemarin saat pandemi Covid-19 sampai sekarang masih mengalami pelemahan. Karenanya, melalui Latkop ini kita terus mendorong agar bisa bangkit kembali serta pada saat yang sama lompatan market yang bisa dijangkau akan lebih jauh,” terang .

Menurut , Latkop KUKM Jatim ini sangat strategis, karena keberadaan UMKM di Jatim mampu menjadi backbone PDRB Jatim sebesar 56,94 persen. Ditambah lagi saat ini koperasi aktif di Jawa Timur jumlahnya mencapai 22.450 dengan jumlah anggota dan pengelola 3,987 juta orang. Jumlah pelaku UMKM sebanyak 9,78 juta orang.

menjelaskan, salah satu penyiapan yang bisa dilakukan lewat Latkop KUKM ini yakni dengan membangun penguatan digitalisasi IT dalam pelatihannya. Sehingga para pelaku Koperasi dan UMKM siap melakukan perdagangan secara online. Baik, dari sisi pemasaran hingga di teknis fotografi sebelum produk itu dipasarkan.

“Sesuai yang disampaikan Jack Ma, tahun 2030 UMKM akan menguasai 80% perdagangan ekonomi dunia. Sebanyak 99% UMKM akan melakukan perdagangan secara online. Sementara 85% melakukan melalui e-commerce. Artinya ekosistem ini harus berseiring dengan adanya Latkop ini," urai orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Langkah lainnya yang bisa dilakukan, Lanjut , Latkop KUKM Jatim bersinergi dengan Kota yang memiliki start up tertinggi di Jatim untuk menyiapkan e-commerce. Tentunya perlu diperkuat dengan pembelajaran secara online.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO