Selasa, 20 April 2021 13:47

PSC 119 Kota Pasuruan Siap Melayani Panggilan Gawat Darurat Gratis Selama 24 Jam

Kamis, 08 April 2021 17:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
PSC 119 Kota Pasuruan Siap Melayani Panggilan Gawat Darurat Gratis Selama 24 Jam
Gus Ipul usai penandatanganan komitmen bersama terkait Public Service Center (PSC) 119 Kota Pasuruan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Shierly Marlena selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Kasatlantas Polres Pasuruan Kota menandatangani komitmen bersama terkait Public Service Center (PSC) 119 Kota Pasuruan, di Valencia Resto, Rabu (7/4/21) kemarin.

Hal itu berdasarkan amanat Inpres RI No. 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Penyelamatan Jalan, Permenkes RI No. 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanganan Kegawatdaruratan Terpadu, dan SK Wali Kota No. 188/273/423011 Tahun 2020 tentang Public Service Center (PSC) 119 pada Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

PSC 119 merupakan suatu mekanisme pelayanan korban atau pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119. PSC 119 diharapkan mampu meminimalisir angka kematian dan kecacatan pada masyarakat akibat keterlambatan mendapatkan pertolongan saat sakit, kecelakaan, atau karena bencana. Karena PSC 119 merupakan layanan gratis yang dapat dihubungi oleh masyarakat Kota Pasuruan selama 24 jam penuh.

Hadirnya PSC 119 disambut baik oleh Gus Ipul, selain karena sejalan dengan visi misi Wali Kota Pasuruan yakni menghadirkan layanan publik yang cepat, murah, mudah diakses, serta mudah dijangkau. Dengan adanya PSC 119 nantinya masyarakat tidak akan kesulitan saat memerlukan bantuan terkait kegawatdaruratan.

BACA JUGA : 

Pastikan Tertib, Gus Ipul Tinjau Langsung Penyaluran BST Tahap IV di Kelurahan Purworejo

Menteri PPN Setujui Wisata Religi Terintegrasi Kota Pasuruan, Siapkan Anggaran Rp 100 M

Menteri PPN Setujui Pembangunan Kawasan Wisata Religi Terintegrasi di Kota Pasuruan

​Minimalisir Antrean, Gus Ipul Resmikan E New Purut dan Klinik Geriatri RSUD dr. R. Soedarsono

Maka dari itu Gus Ipul menyampaikan terima kasih atas hadirnya PSC 119 Kota Pasuruan. Ia berharap PSC mampu lebih profesional dan lebih cepat dalam melayani masyarakat.

“Sekarang memang zamannya pelayanan cepat, maka saya senang sekali dr. Shierly menghadirkan PSC 119 sebagai usaha untuk melayani warga Kota Pasuruan lebih cepat khususnya dalam menangani kegawatdaruratan. Menurut saya, PSC 119 ini istimewa dan ini yang saya tunggu dengan Mas Adi,” ujarnya.

Sebelum PSC 119 diresmikan beroperasi, Gus Ipul berharap pihak rumah sakit lebih siap menerima pasien yang dilayani PSC 119 ketika dibawa ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) sehingga menjadi saling bersinergi. Ia juga ingin ada ikon ambulans sebagai simbol kesiapan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Pasuruan. 

Turut hadir dalam momen tersebut, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, camat dan lurah se-Kota Pasuruan, serta perangkat daerah terkait. (ard/ian)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...