​PAW F-PKB DPRD Jatim, Sekretaris Muslimat NU Trenggalek Gantikan Kiai Kusni

​PAW F-PKB DPRD Jatim, Sekretaris Muslimat NU Trenggalek Gantikan Kiai Kusni Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jatim saat mengikuti Munas Alim Ulama dan Rakernas PKB di Jakarta. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Kebangkitan Bangsa () telah menetapkan Siti Mukiyarti sebagai calon pengganti KH. Kusni Muhammad Husni, Anggota Fraksi DPRD Jatim yang tutup usia pada 26 Januari 2021.

Siti Mukiyarti adalah Sekretaris Muslimat NU Kabupaten Trenggalek. Ia Caleg dari daerah pemilihan (Dapil) Jatim IX dengan perolehan suara ketiga, setingkat di bawah almarhum Kiai Kusni.

Sekretaris DPW Jatim, Anik Maslachah membenarkan telah menetapkan Siti Mukiyarti sebagai pengganti antar waktu (PAW) Kiai Kusni. Wakil Ketua DPRD Jatim ini menambahkan, saat ini prosesnya sudah di Kementerian Dalam Negeri.

"Siti Mukiyarti, Sekretaris PC Muslimat NU Trenggalek yang menggantikan almarhum Yai Husni. Prosesnya sudah di Mendagri. Tinggal menunggu SK Mendagri," tutur Anik saat dikonfirmasi, Kamis (8/4/2021).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam mengungkapkan, pihaknya telah memproses PAW Kiai Kusni yang meninggal dunia dengan pengganti Siti Mukiyarti. Suratnya pun sudah diserahkan ke Sekretaris DPRD Jatim pada 22 Februari 2021 lalu.

Anam menambahkan, surat KPU Jatim dengan Nomor 160/537/050/2021 itu mencantumkan nama Hj. Siti Mukiyarti, S.Ag., M.Ag., sebagai pengganti KH. Kusni. Politikus perempuan itu caleg nomor urut 3 dengan perolehan suara 18.955.

"Surat permohonan PAW untuk Kiai Kusni sudah kita proses dan serahkan ke DPRD Jatim. Penggantinya atas nama Siti Mukiyarti," ujar Anam.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2019, mendapatkan 2 kursi di Dapil Jatim IX untuk DPRD Jatim. Dapil Jatim IX meliputi Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Pacitan dan Ngawi. Kader yang lolos ke DPRD Jatim dari dapil ini adalah Kholiq dan KH. Kusni.

Kholiq adalah Ketua DPC Kabupaten Trenggalek. Ia juga mantan Wakil Bupati Trenggalek dua periode. Sementara Kiai Kusni adalah politikus senior . Ia terpilih untuk kedua kalinya di DPRD Jatim. Mantan Ketua PCNU Kabupaten Trenggalek itu meninggal dunia pada usia 76 tahun karena sakit. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO