Minggu, 09 Mei 2021 07:51

Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah

Selasa, 04 Mei 2021 16:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah
Wabup Bu Min ketika mengunjungi sentra sarung tenun Wedani dan melepas ekspor sarung tenun Wedani, Cerme ke Timur Tengah. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) menandai pelepasan ekspor sarung tenun dari Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik ke Timur Tengah dengan pemecahan kendil pada kendaraan pengangkut, Selasa (4/5/2021).

"Semoga dengan ekspor sarung Wedani kali ini dapat membuka keran ekspor semakin besar dan pada akhirnya dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami sangat mendukung agar ekspor sarung ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat," harap Wabup Bu Min.

Diakui Bu Min, sejak masa pandemi ini perekonomian masyarakat sempat terpuruk. Karenanya, dia berharap UMKM sarung Desa Wedani bisa mencari terobosan. "Kami tahu, kualitas sarung produksi masyarakat Wedani ini sangat bagus. Saya sudah melihat proses pembuatannya. Hasilnya sungguh sangat luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Gresik Bier Budy Kismulyanto menyatakan bahwa pengiriman ekspor kali ini bukan yang pertama, karena menurutnya pada awal Januari 2021 lalu sarung dari Wedani sudah melakukan ekspor.

BACA JUGA : 

Petrokimia Gelontorkan Bantuan Rp1,1 Miliar untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

Digelar di Pit-Stop Kopi, Pasar Sore Hadirkan Deretan Produk Gresik dan Beragam Pertunjukan

Momentum Ramadan, Siswa Sespimmen Polri XLI Santuni Anak Yatim di Gresik

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

"Menurut catatan saya, pada Januari lalu kami sudah pernah memfasilitasi ekspor sarung dari Wedani ke beberapa negara Timur Tengah. Kami berharap ekspor kedua kali ini akan semakin membuka pasar ekspor baru dan sarung dari Wedani, Cerme semakin dikenal di mancanegara," ucap Bier mendampingi Wabup Bu Min.

Pada kesempatan tersebut, salah satu anggota tim asesmen dari Jakarta yaitu CEO PT Kakean Primanda Indonesia Achmad Nur Hasyim Hamada juga ikut bersama-sama melepas ekspor sarung dari Wedani ke Dubai, Jeddah, Brunei Darussalam, Ethiopia, dan Uni Emirat Arab.

Achmad Nur Hasyim Hamada menyatakan bahwa Gresik sudah terkenal dengan hasil tenun songket sejak zaman dahulu. Menurutnya, produksi tenun songket hasilnya lebih menguntungkan secara ekonomis karena harganya bisa mencapai puluhan juta.

"Hasil tenun songket Gresik kami temukan pada museum di Belanda dan tertulis pada sejarah tenun dan tekstil. Tapi sejak seratus tahun terakhir songket Gresik sudah tidak ada lagi. Kami berharap para pengrajin tenun di Gresik untuk menguri-uri kembali agar tenun songket Gresik bisa berjaya lagi," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Kadiskoperindag Agus Budiyono, dan Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. (hud/zar)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...