Minggu, 01 Agustus 2021 04:15

Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah

Selasa, 04 Mei 2021 16:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah
Wabup Bu Min ketika mengunjungi sentra sarung tenun Wedani dan melepas ekspor sarung tenun Wedani, Cerme ke Timur Tengah. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) menandai pelepasan ekspor sarung tenun dari Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik ke Timur Tengah dengan pemecahan kendil pada kendaraan pengangkut, Selasa (4/5/2021).

"Semoga dengan ekspor sarung Wedani kali ini dapat membuka keran ekspor semakin besar dan pada akhirnya dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami sangat mendukung agar ekspor sarung ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat," harap Wabup Bu Min.

Diakui Bu Min, sejak masa pandemi ini perekonomian masyarakat sempat terpuruk. Karenanya, dia berharap UMKM sarung Desa Wedani bisa mencari terobosan. "Kami tahu, kualitas sarung produksi masyarakat Wedani ini sangat bagus. Saya sudah melihat proses pembuatannya. Hasilnya sungguh sangat luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Gresik Bier Budy Kismulyanto menyatakan bahwa pengiriman ekspor kali ini bukan yang pertama, karena menurutnya pada awal Januari 2021 lalu sarung dari Wedani sudah melakukan ekspor.

BACA JUGA : 

Bupati Gus Yani Siapkan Stadion Gejos Jadi RS Lapangan dan Tempat Isolasi Terpusat Covid-19

Bupati dan Wabup Sidoarjo Blusukan Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Pasutri Meninggal Terpapar Covid-19 di Gresik Tinggalkan Bayi Umur 40 Hari dan 2 Anak Remaja

Dampingi Gubernur Jatim, Bupati Gus Yani Naik Heli Pantau Vaksinasi di Pulau Bawean

"Menurut catatan saya, pada Januari lalu kami sudah pernah memfasilitasi ekspor sarung dari Wedani ke beberapa negara Timur Tengah. Kami berharap ekspor kedua kali ini akan semakin membuka pasar ekspor baru dan sarung dari Wedani, Cerme semakin dikenal di mancanegara," ucap Bier mendampingi Wabup Bu Min.

Pada kesempatan tersebut, salah satu anggota tim asesmen dari Jakarta yaitu CEO PT Kakean Primanda Indonesia Achmad Nur Hasyim Hamada juga ikut bersama-sama melepas ekspor sarung dari Wedani ke Dubai, Jeddah, Brunei Darussalam, Ethiopia, dan Uni Emirat Arab.

Achmad Nur Hasyim Hamada menyatakan bahwa Gresik sudah terkenal dengan hasil tenun songket sejak zaman dahulu. Menurutnya, produksi tenun songket hasilnya lebih menguntungkan secara ekonomis karena harganya bisa mencapai puluhan juta.

"Hasil tenun songket Gresik kami temukan pada museum di Belanda dan tertulis pada sejarah tenun dan tekstil. Tapi sejak seratus tahun terakhir songket Gresik sudah tidak ada lagi. Kami berharap para pengrajin tenun di Gresik untuk menguri-uri kembali agar tenun songket Gresik bisa berjaya lagi," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Kadiskoperindag Agus Budiyono, dan Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. (hud/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...