​PPSDS Minta Disnak Tertibkan Sapi yang Dibawa Keluar Jawa Timur

​PPSDS Minta Disnak Tertibkan Sapi yang Dibawa Keluar Jawa Timur Muthowif, S.H., M.H., Ketua PPSDS Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Jawa Timur berharap Dinas Peternakan (Disnak) Jatim mengantisipasi kenaikan harga siap potong, khususnya menghadapi 1442 H. Terkait hal ini, Ketua PPSDS Jatim, Muthowif mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

"Adapun isi surat yang kami kirim ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan tembusan ke instansi terkait adalah permohonan penertiban - potong dan bakalan yang dibawa keluar Jawa Timur," tegas Muthowif, Kamis (6/5/2021).

Muthowif mengungkapkan, pihaknya melihat ada beberapa provinsi yang tidak punya kuota dari Disnak Jawa Timur, namun tetap membeli dan membawa dari Jawa Timur. Sehingga mengakibatkan data jumlah di Jawa Timur menjadi kurang terdata dengan baik.

"Kami melihat pasca Idul Fitri 1442 H, akan terjadi mobilisasi bakalan dan siap potong dari Jawa timur ke Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, bahkan Banjarmasin.

Pria asli Rungkut ini mengatakan, dari hasil pemetaan atau investigasi pihaknya mendapati banyak yang dibawa keluar Jawa Timur tanpa didukung surat-surat atau dokumen yang seharusnya dimiliki oleh orang atau PT dari Dinas Peternakan Jawa Timur.

"Kami rasa perlu ada tindakan penertiban - yang dibawa keluar Jawa Timur sejak dini," imbuh dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya itu.

Ia mengingatkan, kebutuhan bakalan dan siap potong menghadapi 1442 H tidak sedikit. Karena itu, pemerintah tidak bisa melakukan intervensi menahan laju harga , karena pemerintah tidak punya untuk memenuhi kebutuhan . Sementara - yang ada milik para peternak.

"Ada perbedaan antara Idul Fitri dengan . Kalau Idul Fitri, pemerintah melalui kementerian atau dinas terkait bisa mengintervensi laju kenaikan harga dengan mendatangkan daging impor. Tetapi jika , pemerintah tidak menahan laju harga ," pungkasnya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO