Senin, 14 Juni 2021 08:44

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM

Jumat, 07 Mei 2021 17:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Toko dan Swalayan Modern Wajib Sediakan Etalase untuk Produk UMKM
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dengan perwakilan toko modern di Kota Kediri usai penandatanganan kerja sama. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa, dan sejumlah swalayan lainnya untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus Pusaka (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri).

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan UMKM Kota Kediri disaksikan oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, Jumat (7/5).

Wali Kota Kediri mengapresiasi kolaborasi toko modern dengan UMKM. Dengan kerja sama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern.

"Karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” kata wali kota seusai peluncuran Pusaka.

BACA JUGA : 

Dari Usaha Laundry ke Hand Soap, Pemkot Kediri Dampingi Nida Ikuti UKM Berprestasi Jatim

Sekda Kota Kediri: Ikasmada adalah Simbol Kuatnya Ikatan Alumni

Lomba Desain Kaos, ‘Gempur Rokok Ilegal’ Berikut Hadiahnya

Paparkan Strategi Pemulihan Ekonomi, Wali Kota Kediri: Dengan Digitalisasi Ekonomi

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan filosofi penamaan Pusaka. “Kenapa namanya Pusaka? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” jelas Abdullah Abu Bakar.

Ia berharap dengan adanya Pusaka, masyarakat ke depan bisa lebih bangga memakai dan mengonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut. Pelaksanaan kemitraan Pusaka dengan toko modern ini akan dilakukan berkelanjutan dan ditingkatkan setiap tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Moh. Anang Kurniawan menegaskan, bahwa Pusaka merupakan salah satu bentuk realisasi dari upaya Pemerintah Kota Kediri dalam memberikan kemudahan penanaman modal dalam bentuk percepatan pelayanan kepada UMKM.

Menurut Anang, Pusaka merupakan bentuk inovasi Pemerintah Kota Kediri dalam pengembangan investasi dan peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal untuk penguatan daya saing perekonomian daerah.

“Dengan kemudahan berinvestasi di Kota Kediri, imbal baliknya pusat perbelanjaan dan toko modern wajib ikut terlibat menaikkan level produk UMKM Kota Kediri dengan menjual dan memajang pada etalase khusus tematik agar mudah dikenali pembeli,” tambah Anang Kurniawan.

Anang menambahkan, pelaku UMKM yang akan bermitra dengan swalayan melalui Pusaka harus merupakan binaan dinas teknis terkait. (uji/rev)

Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim
Minggu, 13 Juni 2021 14:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. K.H. Imam Ghazali Said, M.A. mengungkapkan bahwa upaya menghidupkan sistem pemerintahan khilafah adalah fatamorgana. Tapi Hizbut Tahrir ngotot mau mendirikan khilafah. “Khilafah yang sudah ambruk mau...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2[email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...