Minggu, 20 Juni 2021 19:45

Dua Bulan, Polres Gresik Ungkap 20 Kasus 3C, Amankan 24 Tersangka

Senin, 10 Mei 2021 23:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Dua Bulan, Polres Gresik Ungkap 20 Kasus 3C, Amankan 24 Tersangka
Kapolres AKBP Arief Fitrianto saat ekspos para tersangka. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik mengekspos hasil tangkapan tindak kriminalitas di halaman Mapolres Gresik, Jalan Dr. Wahidin S.H., Senin (10/5/2021).

Sebanyak 20 kasus 3C, yakni pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dengan 24 tersangka berhasil diungkap selama bulan Maret-April 2021.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, korban kriminalitas 3C didominasi di bawah umur. Adapun para pelaku mayoritas menggunakan modus lama dalam melancarkan aksi kejahatannya. "Ada yang bagian eksekusi ada yang mengawasi," ungkap kapolres saat ekspos pelaku.

Ia kemudian mencontohkan korban kasus curat dan curas yang kebanyakan anak di bawah umur dan para perempuan. Sebab, korban seusia mereka dianggap tidak mampu melakukan perlawanan. "Jadi, target pelaku adalah korban di bawah umur lebih mudah," kata AKBP Arief.

BACA JUGA : 

Polres Gresik dan Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Ledakan Tangki PT CAS yang Tewaskan 5 Pekerja

Satgas Covid-19 Gresik Apel Gelar Pasukan Antisipasi Peningkatan Kasus Positif

Kapolres Gresik: Disiplin Prokes Covid-19 Wujud Pengamalan Pancasila

Polres Gresik Perketat Pengamanan Tempat Wisata Pasir Putih Pantai Delegan

Kemudian untuk kasus curanmor, target pelaku adalah kendaraan yang jauh dari pantauan pemiliknya. Tersangka ada yang membawa kunci T, ada pula yang mencuri karena kelalaian pemiliknya. "Kami berharap, masyarakat mengawasi dan menjaga barang berharga miliknya," pinta alumnus Akpol 2001 tersebut.

Dia meminta para tersangka agar menjadikan kasus ini sebagai pengalaman berharga, agar ke depan menjadi orang lebih baik.

Sementara Arif Wicaksono, salah satu tersangka curanmor, mengaku nekat mencuri motor karena ada kesempatan. Yakni, kunci motor korban masih melekat.

Pemuda asal Surabaya ini mengaku mencuri motor itu saat hendak mancing ke wilayah Gresik. Bersama sejumlah teman-temannya, mereka sudah janjian bertemu di suatu tempat.

Saat masuk wilayah Gresik Kota, dirinya melihat ada motor terparkir dengan kondisi kunci masih menempel. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut, motor langsung dibawa kabur. "Karena ada kesempatan Pak, iya sekarang menyesal. Kasihan anak dan istri," kata Arif Wicaksono di hadapan kapolres.

"Belum pernah dibesuk oleh istri. Janji tidak akan mengulangi lagi Pak," imbuhnya. (hud/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...