​Gubernur Khofifah Resmikan Wisata Alam dan Wisata Amal Lumajang

​Gubernur Khofifah Resmikan Wisata Alam dan Wisata Amal Lumajang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kerudung putih) saat menabur benih ikan di Kolam Koi Desa Wisata Tirtosari View.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengapresiasi konsep ‘Wisata Alam dan Wisata Amal’ yang diusung oleh Desa Wisata Tirtosari View, , Kecamatan Candipuro, Kabupaten untuk menjadi pendukung Bromo Tengger Semeru.

Pendapatan yang diperoleh dari desa wisata tersebut akan didistribusikan untuk elemen masyarakat yang berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Seperti biaya operasional masjid, kemudian juga tunjangan bagi guru ngaji atau guru kontrak.

“Konsep Wisata Alam dan Wisata Amal ini luar biasa sekali. Bahwa sebagian income dari pengelolaan desa wisata ini akan dikembalikan dalam program pemerintah desa seperti bantuan bagi warga yang meninggal, bantuan operasional masjid, sampai dengan tunjangan bagi guru ngaji dan guru kontrak yang ada di desa ini. Insyaallah ini jadi ladang amal jariyah bapak ibu, dan banyaknya rezeki akan membawa keberkahan,” kata saat meresmikan Produk Wisata Baru dan Festival Wisata Desa (FWD) di Desa Wisata Tirtosari View, , Minggu (30/5) sore.

Menurut dia, konsep ini merupakan sebuah keunggulan yang dimiliki oleh masyarakat . Di mana dari wisata yang berbasis pada keindahan alam ini masyarakat juga bisa menyemai keberkahan di lingkungannya. Ia berharap, konsep ini bisa menjadi referensi bagi daerah wisata lain di Jatim maupun Indonesia.

“Ini harus jadi sumber kerukunan, keguyuban dan sumber kebahagiaan bagi masyarakat sekitar. Bahwa dari income yang didistribusikan ke lembaga-lembaga tadi insyaallah juga akan meningkatkan harkat martabat, SDM serta kualitas IPM ,” katanya.

Desa Wisata Tirtosari View ini terdapat area wisata atau fasilitas seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan tanpa kaporit, spot foto dalam air atau underwater, kolam koi dan nila, spot foto malam hari, serta kafe warna warni yang instagramable.

Pengembangan unit usaha wisata Tirtosari View ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim degan Pemkab , pemerintah desa setempat. Juga didukung PT. HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo.

mengajak masyarakat sekitar terutama wisatawan turut serta menjaga keindahan alam dan kelestarian yang ada di Desa Wisata ini. 

“Untuk spot foto underwater misalnya, tolong dijaga sumber airnya dan kejernihan air. Seluruh wisatawan yang hadir di sini juga mohon bisa menjaga keasrian dan daya dukung alam supaya makin banyak orang yang bisa menikmati dan ketagihan kembali kesini,” katanya.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO