Kurangi Sampah Organik, Pemkot Probolinggo Kampanyekan Gerakan Daster Si Ipah

Kurangi Sampah Organik, Pemkot Probolinggo Kampanyekan Gerakan Daster Si Ipah Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati. (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Guna mengurangi sampah di Kota Probolinggo, menggelar Gerakan Daster Si Ipah (Dengan Komposter Siap Pilah Sampah). Giat itu dihadiri oleh drg. Ninik Ira Wibawati.

“Sampah itu persoalan yang kompleks. Dari tahun ke tahun keberadaan sampah di Kota Probolinggo mengalami peningkatan,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Menurut dia, peningkatan sampah itu terjadi di Taman Pemrosesan Akhir (TPA) serta banyaknya penimbunan sampah liar di sejumlah titik di wilayah Kota Probolinggo. “Ini menunjukkan adanya produksi sampah per individu semakin meningkat,” katanya.

Berdasarkan data, timbulan sampah dengan komposisi sampah organik mencapai 6 persen, sedangkan dua landfill di TPA sudah mengalami overload. “Satu landfill lainnya sekarang sudah hampir penuh,” ungkapnya.

Ninik Ira Wibawati menjelaskan, guna menghadapi persoalan sampah, pemkot kini melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan mengembangkan pengomposan dengan memilah sampah yang melibatkan para ibu rumah tangga.

"Makanya, dengan Daster Si Ipah ini, kita berharap bisa mengurangi timbulan sampah di Kota Probolinggo,” tandasnya.

Giat Sosialisasi Gerakan Daster Si Ipah tersebut tak hanya dihadiri oleh drg. Ninik Ira Wibawati, namun juga dihadiri pejabat teras . Seperti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setiorini Sayekti dan Kepala BLH Rachma Deta Antariksa. (ugi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO