Rabu, 28 Juli 2021 21:54

Undang Siswa Calon Praja IPDN, Bupati Pamekasan Beri Semangat Raih Beasiswa Pemkab

Jumat, 11 Juni 2021 18:02 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Undang Siswa Calon Praja IPDN, Bupati Pamekasan Beri Semangat Raih Beasiswa Pemkab
Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam mengundang dan memberikan pembekalan serta fasilitasi langsung terhadap calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) di Peringgitan Dalam Pendopo Ronggosukowati, Kamis (10/6/2021) sore. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam mengundang dan memberikan pembekalan serta fasilitasi langsung terhadap calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) di Peringgitan Dalam Pendopo Ronggosukowati, Kamis (10/6/2021) sore.

Dalam acara tersebut, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Agus Mulyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Kabupaten Pamekasan Achmad Faisol, Camat Pamekasan sekaligus Sekretaris IKA PTK Pamekasan Rahmat Hidayat, dan Kabag Kesra Pemkab Pamekasan Halifaturrahman.

Tahun 2021, ada 80 siswa Pamekasan yang mendaftar di kampus IPDN, dari jumlah tersebut 40 siswa di antaranya didatangkan ke rumah dinas bupati. Sementara 40 orang sisanya akan dikoordinasikan dengan kepala sekolah masing-masing untuk mengikuti pembekalan dan fasilitasi tahap kedua.

"Kita fasilitasi anak-anak kita yang sedang bercita-cita untuk lulus di beberapa sekolah kedinasan, hari ini di IPDN," ujar Bupati Pamekasan Baddrut Tamam kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA : 

Peduli Relawan Covid-19, Polres Pamekasan Berikan Bantuan Sembako untuk FRPB

Bupati Pamekasan Berikan Paket Penambah Imun ke Satgas Pemakaman dan Relawan Covid-19 FRPB

PPKM Level IV, Pemkab Pamekasan Beri Tambahan Beras untuk KPM PKH

Bupati Pamekasan Tolak Rencana Pemerintah Pusat Soal Revisi PP 109 Tahun 2021

Mas Tamam, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa pihaknya akan mengantarkan generasi hebat masa depan untuk lulus di kampus IPDN sesuai dengan standar yang ditentukan kampus tersebut. Tentu, ikhtiar Pamkab Pamekasan harus diiringi semangat para calon praja dengan cara belajar sungguh-sungguh, berdoa, dan memohon kepada Allah SWT.

"Tugas pemkab akan fasilitasi, nanti berangkat tesnya kita berangkat bareng-bareng, di sana nanti kita akan dampingi sebagai wujud dari ikhtiar konkret mengantarkan generasi hebat masa depan," ungkapnya.

Dalam forum tersebut, Pemkab Pamekasan mengundang tiga praja asal Pamekasan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di IPDN Kampus Sulawesi Selatan dengan memberikan support serta tata cara mendaftar hingga mengikuti tes di kampus tersebut yang dilaksanakan secara virtual.

Pembekalan sekaligus fasilitasi tersebut merupakan program prioritas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa di sejumlah perguruan tinggi kedinasan. Seperti IPDN, akademi kepolisian, akademi militer, dan beasiswa kedokteran di Universitas Airlangga Surabaya untuk 20 mahasiswa tidak mampu. Pemkab Pamekasan akan memberikan beasiswa hingga biaya hidup mereka selama menempuh pendidikan di kampus tersebut.

"Sudah jelas tadi, ada yang dari praja yang memberi motivasi dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, larinya harus sekian kilo, tes psikologinya passing grade harus sekian, tadi sudah dijelaskan," tandasnya.

Mas Tamam bercerita tentang pengalamannya saat kuliah di perguruan tinggi yang nasibnya tidak seperti mahasiswa kebanyakan. Terutama dari segi ekonomi yang menuntut dirinya harus mencari uang saku dengan cara berjualan ketika tidak ada jadwal kuliah. Pengalaman tersebut menjadi salah satu motivasi untuk merancang program itu.

"Saya ingin, adik-adik tidak seperti saya dulu, makanya kita fasilitasi. Saya harap adik-adik belajar yang rajin dan jangan lupa memohon kepada Allah," pintanya.

Sementara itu, salah satu siswa calon praja IPDN Ainul Salsabila menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang telah memberikan fasilitasi terhadap anak-anak untuk masuk di perguruan tinggi kedinasan. Sebab, kebijakan itu pertama kali di Bumi Gerbang Salam.

"Program pertama dari Pemkab Pamekasan peduli terhadap siswa di Pamekasan. Terima kasih sudah memberikan motivasi dan semangat. Perasaan saya senang dan berkesan banget, terima kasih Pak Bupati," ujar siswa asal SMA 1 Pamekasan tersebut. (yen/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...